9 Negara di Dunia yang Terancam ‘Hilang’

BERITA PLAT MERAH – Ternyata, ada beberapa negara di dunia yang terancam hilang karena berbagai alasan. Mulai dari perubahan iklim, masalah politik, hingga kondisi ekonomi yang buruk. Yuk, kita lihat daftar negara-negara yang terancam ini!

1. Maladewa

Maladewa, surga wisata dengan pantai-pantai eksotis, berada di garis depan perubahan iklim. Kenaikan permukaan air laut yang terus meningkat bisa membuat kepulauan ini tenggelam dalam beberapa dekade mendatang.

2. Tuvalu

Negara kecil di Samudra Pasifik ini menghadapi ancaman serupa dengan Maladewa. Tingginya permukaan laut menjadi ancaman nyata bagi kelangsungan hidup pulau-pulau di Tuvalu.

3. Kiribati

Kiribati juga berada dalam ancaman kenaikan permukaan laut. Banyak penduduknya sudah mulai berpikir untuk pindah ke negara lain sebagai langkah antisipasi.

4. Vanuatu

Vanuatu tidak hanya menghadapi ancaman dari kenaikan permukaan laut, tetapi juga bencana alam seperti badai tropis dan gempa bumi yang sering melanda wilayah ini.

5. Seychelles

Negara kepulauan di Samudra Hindia ini juga terancam oleh perubahan iklim. Ekosistem laut yang rusak dan erosi pantai adalah masalah utama di Seychelles.

6. Bangladesh

Dengan populasi besar dan wilayah yang rendah, Bangladesh sangat rentan terhadap banjir yang semakin parah akibat perubahan iklim. Kondisi ini mengancam kehidupan jutaan orang di negara tersebut.

7. Haiti

Masalah politik dan ekonomi yang terus berlanjut membuat Haiti berada dalam situasi kritis. Bencana alam seperti gempa bumi dan badai juga menambah beban negara ini.

8. Syria

Perang saudara yang berkepanjangan telah menghancurkan infrastruktur dan ekonomi Syria. Keadaan ini membuat masa depan negara ini sangat tidak menentu.

9. Yemen

Kondisi politik yang tidak stabil, konflik bersenjata, dan krisis kemanusiaan membuat Yemen berada di ambang kehancuran. Situasi di Yemen menjadi salah satu yang terburuk di dunia saat ini.

Alasan Mengapa Negara-Negara Ini Terancam

  • Perubahan Iklim: Kenaikan permukaan air laut dan bencana alam.
  • Masalah Politik: Konflik bersenjata dan ketidakstabilan politik.
  • Kondisi Ekonomi: Kemiskinan dan kerusakan infrastruktur.

Langkah Apa yang Bisa Dilakukan?

Untuk negara-negara yang terancam hilang, dukungan internasional sangat dibutuhkan. Langkah-langkah mitigasi perubahan iklim, bantuan kemanusiaan, serta solusi politik dan ekonomi adalah beberapa hal yang harus diupayakan untuk menyelamatkan negara-negara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *