Studi mengungkap orang yang suka begadang cenderung lebih cerdas dan IQ Lebih tinggi

BERITA PLAT MERAH – Bergadang Bikin Pintar? Ini Rahasianya!

Pernah dengar orang bilang, “Tidur larut itu nggak baik!”? Ternyata, ada kabar mengejutkan buat kamu yang suka begadang! Beberapa studi terbaru mengungkapkan bahwa orang yang suka begadang alias night owls mungkin sebenarnya lebih pintar dan punya IQ lebih tinggi daripada mereka yang suka bangun pagi. Wah, keren kan?

Apa Kata Penelitian?

Menurut penelitian dari University of Madrid, orang yang tidur larut malam dan bangun siang cenderung memiliki kualitas yang berhubungan dengan kecerdasan umum, seperti pemikiran induktif, konseptual, dan analitis. Penelitian ini mengamati hampir 1.000 remaja dan menemukan bahwa “night owls” memiliki skor lebih tinggi dalam tes-tes ini dibandingkan dengan “morning larks” atau orang yang suka bangun pagi​ (Medical Daily)​​ (The Independent)​.

Lebih lanjut, penelitian dari Imperial College London juga menemukan bahwa night owls menunjukkan fungsi kognitif yang lebih baik. Mereka lebih jago dalam tes-tes kecerdasan, kemampuan berpikir, reaksi, dan memori​ (Learning Mind)​.

Kenapa Bisa Begitu?

Para ahli percaya bahwa kemampuan untuk mengabaikan ritme sirkadian alami kita dan tetap terjaga hingga larut malam bisa menjadi tanda kecerdasan. Menurut psikolog Satoshi Kanazawa, manusia dengan IQ lebih tinggi cenderung menyimpang dari pola tidur tradisional yang mengikuti siklus matahari​ (Peninsula Doctor)​.

Ada juga teori bahwa lingkungan malam yang tenang dan bebas dari gangguan bisa memicu kreativitas dan pemikiran inovatif. Saat malam hari, otak kita cenderung lebih bebas berimajinasi tanpa terbebani oleh logika yang sering menghambat ide-ide kreatif di siang hari​ (Peninsula Doctor)​.

Keuntungan Lain Jadi Night Owl

Tidak hanya lebih pintar, night owls juga ditemukan memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan mereka yang bangun pagi. Orang yang bangun sebelum jam 7 pagi cenderung memiliki tingkat kortisol, hormon stres, yang lebih tinggi sepanjang hari. Sebaliknya, night owls lebih rileks dan jarang mengalami masalah seperti sakit kepala atau nyeri otot akibat stres​ (Peninsula Doctor)​.

Selain itu, night owls juga mencapai puncak kekuatan dan kreativitas di malam hari, membuat mereka lebih produktif dalam menyelesaikan tugas-tugas kompleks pada malam hari dibandingkan dengan pagi hari​ (Peninsula Doctor)​.

Jadi, Apakah Begadang Itu Baik?

Tentu saja, tidur yang cukup tetap penting. Idealnya, kita harus mendapatkan antara 7-9 jam tidur setiap malam untuk menjaga fungsi otak tetap optimal. Namun, jika kamu memang lebih nyaman bekerja dan beraktivitas di malam hari, jangan merasa bersalah! Ternyata, begadang bisa jadi salah satu tanda bahwa kamu memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dan potensi untuk sukses​ (The Independent)​.

Jadi, lain kali ada yang bilang kamu harus bangun pagi biar sukses, tunjukkan saja hasil penelitian ini. Night owls ternyata juga punya banyak kelebihan, termasuk otak yang lebih cerdas dan kreatif. Selamat begadang, para night owls pintar! 🌙✨

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *