Categories: Media

Kecelakaan Helikopter: Presiden Iran Ebrahim Raisi Diduga Meninggal Dunia

BERITA PLAT MERAH – Harapan semakin tipis mengenai keselamatan Presiden Iran, Ebrahim Raisi, setelah helikopter yang ditumpanginya jatuh di daerah pegunungan dengan cuaca bersalju dan sulit. Seorang pejabat Iran mengonfirmasi kepada Reuters bahwa helikopter Presiden Raisi mengalami kebakaran hebat dalam kecelakaan tersebut, dan seluruh penumpang diduga tewas.

Kronologi Kejadian

Helikopter yang membawa Presiden Raisi lepas landas dari dekat perbatasan Iran-Azerbaijan pada 19 Mei 2024. Namun, tak lama setelah lepas landas, helikopter tersebut mengalami kecelakaan. Kepala Bulan Sabit Merah Iran, Pirhossein Kolivand, mengatakan kepada televisi nasional bahwa tim penyelamat melihat reruntuhan helikopter, dan situasinya tampak sangat buruk.

Upaya Penyelamatan

Tim penyelamat menghadapi badai salju dan medan yang sulit sepanjang malam untuk mencapai lokasi reruntuhan di provinsi Azerbaijan Timur. Dalam upaya pencarian, drone Turki berhasil mengidentifikasi sumber panas yang diduga berasal dari reruntuhan helikopter dan membagikan koordinatnya dengan otoritas Iran.

Konfirmasi dan Respon

Adita Irawati, juru bicara Kementerian Perhubungan, mengonfirmasi bahwa helikopter tersebut bukan milik Politeknik Penerbangan Indonesia (Curug), melainkan milik Indonesia Flying Club. Adita juga mengatakan bahwa dia sedang mengumpulkan informasi dari lapangan.

Latar Belakang Presiden Raisi

Ebrahim Raisi, 63, terpilih sebagai presiden pada tahun 2021. Sejak menjabat, ia telah memperketat undang-undang moralitas, mengawasi penindasan brutal terhadap protes anti-pemerintah, dan berperan aktif dalam negosiasi nuklir dengan negara-negara besar. Raisi dikenal sebagai kandidat kuat untuk menggantikan Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, yang telah menjabat sejak 1989.

Respon Internasional

Beberapa negara telah menyatakan keprihatinan dan menawarkan bantuan dalam upaya penyelamatan. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, telah diberi laporan tentang kecelakaan ini. China juga menyatakan keprihatinan mendalam, sementara Uni Eropa menawarkan teknologi pemetaan satelit darurat untuk membantu pencarian.

Situasi di Iran

Kecelakaan ini terjadi di tengah meningkatnya ketidakpuasan di Iran terhadap berbagai krisis politik, sosial, dan ekonomi. Pemerintah Iran menghadapi tekanan internasional terkait program nuklirnya dan hubungan militernya dengan Rusia selama perang di Ukraina.

Ayatollah Ali Khamenei berusaha menenangkan rakyat Iran dengan menyatakan bahwa urusan negara tidak akan terganggu. Kepala staf angkatan bersenjata Iran memerintahkan semua sumber daya angkatan bersenjata dan Pengawal Revolusi elit untuk digunakan dalam operasi pencarian dan penyelamatan.

Akhir Pencarian

Pada Senin dini hari, televisi nasional Iran menayangkan tim penyelamat yang mengenakan jaket cerah dan lampu kepala, berkumpul di sekitar perangkat GPS saat mereka mencari reruntuhan di lereng gunung dalam kondisi badai salju. “Kami mencari setiap inci area umum kecelakaan,” kata seorang komandan tentara regional kepada media pemerintah. “Kondisi cuaca sangat dingin, hujan, dan berkabut. Hujan mulai berubah menjadi salju.”

491v5

Recent Posts

Strategi Tottenham vs Arsenal dan Prediksi Kemenangan

Pertemuan antara Tottenham Hotspur dan Arsenal, dua rival utama dalam derby London Utara, selalu menjadi…

4 days ago

CEO F1 Pernah Dirampok Hingga Memar, Tapi Bukannya Lapor Polisi Malah Selfie dan Dapat Cuan!

BERITA PLAT MERAH - Nah, ini kisah yang unik dan lucu tentang Bernie Ecclestone, mantan…

2 months ago

zionis semakin terkucil giliran jepang bekukan aset pemukim israel

BERITA PLAT MERAH - Cerita Panas di Dunia Internasional Kali ini, ada kabar panas dari…

2 months ago

Serangan Israel di Gaza Berlanjut, 64 Warga Tewas dalam Sehari

BERITA PLAT MERAH - Situasi di Gaza semakin memanas dengan serangan terbaru yang dilakukan oleh…

2 months ago

Demotrasi berdarah di banglasdesh tewaskan ratusan orangDemo Berdarah di Bangladesh: Ratusan Orang Tewas, Keadaan Makin Panas!

BERITA PLAT MERAH - Hai teman-teman, kali ini kita bakal ngobrolin soal demo di Bangladesh…

2 months ago

Studi mengungkap orang yang suka begadang cenderung lebih cerdas dan IQ Lebih tinggi

BERITA PLAT MERAH - Bergadang Bikin Pintar? Ini Rahasianya! Pernah dengar orang bilang, "Tidur larut…

2 months ago