Monday, September 16
Shadow

Bayer Leverkusen Cetak Sejarah di Bundesliga: Tak Pernah Kalah di Laga Tandang


BERITA PLAT MERAH – Bayer Leverkusen mencatatkan rekor tak terkalahkan menjadi 50 pertandingan di semua kompetisi yang mereka ikuti musim 2023/2024. Di Bundesliga, kemenangan terbaru mereka didapat setelah mengalahkan tuan rumah Bochum dengan skor telak 5-0 dalam lanjutan pekan ke-33 Bundesliga 2023/24 di Vonovia Ruhrstadion, Senin (13/5/2024) dini hari tadi.

Lima gol Leverkusen dicetak oleh Patrick Schick, Victor Boniface, Amine Adli, Josip Stanisic, dan Alex Grimaldo. Tambahan tiga poin membuat Leverkusen kini memiliki 87 poin, unggul 15 poin dari Bayern Muenchen di posisi kedua. Bochum sendiri berada di posisi ke-14 dengan 33 poin, hanya unggul tiga poin dari Union Berlin di urutan ke-17.

Perjalanan Tak Terkalahkan

Meskipun sudah menjadi juara Bundesliga, Leverkusen tidak berhenti menambah kemenangan. Mereka hanya tinggal satu pertandingan lagi untuk menyelesaikan musim tanpa kekalahan, yaitu melawan Augsburg akhir pekan depan. Bila Leverkusen meraih kemenangan atau hasil imbang melawan Augsburg, maka rekor tidak terkalahkan mereka akan bertambah menjadi 51 pertandingan berturut-turut.

Pelatih Leverkusen, Xabi Alonso, menegaskan, “Kami sudah siap untuk menjadi tim pertama dalam sejarah Bundesliga yang menjalani satu musim penuh tanpa terkalahkan.”

Rekor Eropa

Sebelumnya, pada tengah pekan lalu, Alonso membawa timnya melampaui rekor tak terkalahkan di kompetisi Eropa milik Benfica yang bertahan sejak tahun 1963 hingga 1965. Leverkusen mencapai rekor ini setelah bermain imbang 2-2 melawan AS Roma, yang membawa mereka lolos ke final Europa League.

Dominasi di Laga Tandang

Kemenangan atas Bochum juga membuat Leverkusen menjadi tim ketiga dalam sejarah Bundesliga yang tidak terkalahkan dalam setiap pertandingan tandang dalam satu musim. Alonso mengatakan, “Setelah kartu merah tim lawan, itu adalah pertandingan yang sangat berbeda bagi kami.”

Leverkusen akan menghadapi Atalanta di laga puncak Europa League pada 23 Mei dan Kaiserslautern di final Piala Jerman pada 26 Mei. Pertandingan melawan Augsburg di markas sendiri akan menjadi laga pamungkas Bundesliga pekan depan sekaligus menahbiskan mereka sebagai juara liga untuk pertama kalinya.

“Menerima gelar juara di Leverkusen akan sangat spesial,” ujar Alonso. “Para pemain telah bekerja keras sepanjang musim, jadi bagi mereka ini akan menjadi sangat spesial. Saya bangga dengan mereka,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *