IMG-20171101-WA0000

Woow, Ada Market Day Di SMABA Tanjung Enim‎

IMG-20171101-WA0001BERITAPLATMERAH, TANJUNG ENIM (SUMSEL)‎ – Kewirausahaan merupakan salah satu keterampilan yang menggambarkan karakter SMART Education yang ada dalam Sekolah Menengah Atas Bukit Asam (SMABA) Tanjung Enim. SMART merupakan akronim dari sholeh, muslih,cerdas,mandiri dan terampil. Karater inilah yang akan coba dibangun dalam diri siswa siswi SMABA, salahsatunya melalui acara tahunan Market Day 2017, yang diharapkan mampu menjadi subjek sekaligus objek pendidikan.

Kepala SMA Bukit Asam Evi Komalasari S sos melalui Waka Humas Hj Yayuk SW SE kepada Beritaplatmerah.com disela kegiatan mengatakan, kegiatan Market Day (MD) untuk meningkatkan kreativitas anak dengan tujuan untuk mengenalkan kegiatan kewirausahaan dalam rangka mewujudkan siswa SMA Bukit Asam yang mandiri. Selain itu juga sesuai program rapat kerja yayasan tahun 2017, yang salahsatunya adalah kegiatan kewirausahaan.

“Kita pemilihannya secara prioritas yakni khusus untuk kelas XII dalam kegiatan Market Day ini, mengingat mereka nantinya akan terjun ketengah kemasyarakat, entah dia nanti kuliah atau mau bekerja sudah mempunyai bayangan dan keterampilan.‎Kalau misalnya kita suruh seluruh kelas mulai dari kelas X dan XI tentu nanti konsumen/pembelinya siapa? Karena kegiatan ini dari kita untuk kita,  makanya kita hanya tugaskan bagi siswa/i kelas XII saja,”ungkap Yayuk, Senin (30/10/2017).

‎Lebih lanjut kata Yayuk, meski sekolahnya adalah sekolah umum tapi pihaknya ingin membekali anak-anak didiknya untuk mengenal juga kewirausahaan.

“Jadi tidak ada salahnya meskipun sekolah umum juga diberikan sentuhan seperti ini, karena sesuai dengan program pemerintah juga untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan, jadi kita sangat mendukung,”ujar Yayuk dengan nada ramah.

‎Saat ditanya apakah program Market Day ini juga diselenggarakan oleh SMK Bukit Asam? mengingat juga masih dalam naungan Yayasan Bukit Asam. Tentu untuk SMK pasti ada juga karena memang program kewirausahaan merupakan wilayahnya SMK, tapi SMA juga ada.

Begitupun saat ditanya apakah ada penilaian bagi masing-masing kelas 12 yang melaksanakan Market Day pada hari itu? Ya tentu akan diberikan penilaian juga, kerena indikatornya tadi sudah ada tim penilai yang terdiri dari tiga orang guru yang diberi tugas untuk melakukan penilaian saat mereka berkeliling dari masing-masing kelas 12 yang di hampiri. Adapun salahsatu penilaiannya adalah cara kreatifitas mereka dalam penyiapan menu dan managemen penjualan. Jadi mulai dari awal sampai hingga kembali posisi kelas seperti semula, itu menjadi tanggung jawab dan semuanya itu dinilai kebersihannya hingga pasca kegiatan,”jelasnya.

Sementara bagi siswa tambahnya, akan diberikan free apakah menu masakannya di buat disekolah atau dibawah dari rumah di bantu orangtuanya.

“Disini memang orang tua boleh berperan serta untuk mendukung kegiatan ini dengan mensuplai makanan. Karena memang kewirausahaan itu kan tidak mesti membuat sendiri, tetapi mereka lebih ke managemen untuk bagaimana nanti mereka tahu bahwa bisnis itu seperti apa prosesnya. Jadi nanti ada tuntutan juga untuk membuat laporan kegiatan. Jadi rugi atau untung, jelas mereka sudah ada pengalaman, disitu mengenai pengolahan managemen, kemudian bagaimana berbagi tanggung jawab/tugas dengan teman-temannya yang lain,”terangnya.

Yayuk juga menegaskan, wacananya setelah kegiatan akan ada presentasi untuk menyampaikan apa kendalanya yang di jumpai dan hal-hal apa yang menyenangkan dari adanya kegiatan tersebut.

” Ya seperti pengalaman-pengalaman apa yang mereka temukan. Nah, dari situlah nanti mereka akan tahu sesuatu yang baru bagi mereka. Mereka akan mengenal kewirausahaan dan mereka akan tahu bagaimana mengaflikasikan ilmu managemen mereka, dengan diberikan tanggung jawab,kerjasama dan juga mereka akan tahu bagimana susahnya cari uang hingga akan menghargai dari setiap nominal yang diberikan orang tua, sehingga dengan adanya kegiatan seperti ini mereka akan tahu bagaimana susahnya orangtuanya mencari uang, mereka akan lebih menghargai lagi terhadap orang tua,”tutup Yayuk.

Dari pantauan langsung media ini di lokasi kegiatan, tampak siswa-siswi kelas XII SMA Bukit Asam Tanjung Enim saat Market Day berlangsung sangat kreatif dan antusias. Pemandangan tersebut dapat dilihat, yang tadinya berupa ruang kelas seketika seperti di sulap hingga berubah konsep menjadi mini cafe,restauran dan kedai, yang juga dilengkapi ruang makan dan dapur. Dan ditambah dengan suguhan live music akustik, karaoke dan lain sebagainya, hingga terkesan sangat luar biasa da[disingkat oleh WhatsApp]