(Video) Warganet Geger Lihat Video Animasi Asteroid Jatuh ke Bumi

0
6

Sebuah video animasi yang memperlihatkan kedahsyatan jatuhnya benda lagit yang diduga meteor, namun tidak dijelaskan nama meteor tersebut, menggegerkan warganet di media sosial Facebook.

Jatuhnya benda langit tersebut, seperti yang ada dalam video, menghantam permukaan laut sehingga menimbulkan gelombang tsunami yang maha dahsyat. Akibatnya semua kota besar dan bangunan megah tersapu air dari mulai Amerika Serikat, Amerika Utara, India, Korea, serta beberapa wilayah di belahan dunia hancur tak berbekas. Mengerikan !

Fenomena tersebut menjadi sangat menakutkan bagi sebagian besar warganet yang meyakini bahwa jika Allah SWT berkehendak, semua itu bisa terjadi dengan tanpa diduga oleh manusia. Selain itu, kehancuran dunia memang diyakini khususnya oleh umat islam sebagai hari kiamat yaitu peristiwa hancurnya semua jagat raya seisinya. Namun dalam hal ini, animasi video tersebut buatan manusia ini mungkin belum seberapa dibandingkan dengan hari kiamat yang sebenarnya, wallahu alam.

Video tersebut diunggah oleh warganet di Fans Page UNITED MUSLIM CYBER ARMY© pada 31 Desember 2017 lalu, namun sampai saat ini masih viral dan sudah dibagikan oleh warganet sebanyak 44.858 Kali Dibagikan pada hari Kamis (15/2/2018).

Benarkah asteroid akan jatuh ke bumi seperti yang terlihat di video animasi tersebut? Berikut salah satu artikel yang mungkin bisa menambah referensi pengetahuan dan pengalaman kita:

Sebuah asteroid, dengan diameter 300 meter, yang diperkirakan menyerang bumi pada 13 April 2036 ternyata tak terbukti. Astronom Amerika Serikat menegaskan, terdapat lebih dari 200 ribu kemungkinan bahwa asteroid ini menyerang pada 2036. Tetapi kemungkinan itu telah direvisi.

Sebaliknya, para ilmuwan NASA mengatakan bahwa asteroid Apophis, yang dijuluki Setan Mesir ini, akan melintas tidak lebih dekat dari 31 ribu kilometer dari bumi. Mereka dapat mempelajari massa berbatu yang melintas relatif dekat di atas planet kita. Ini memungkinkan para ilmuwan untuk menilai ancaman masa depan.

“Radar data yang kami kumpulkan beberapa pekan terakhir memperlihatkan kemungkinan dampak yang terjadi pada 2036,” kata Marina Brozovic dari Nasa’s Jet Propulsion Laboratory. Menurut dia, saat ini mereka dapat memprediksi secara tepat lintasan asteroid masa depan.

Setelah ditemukan pada 2004, lintasan asteroid ini menjadi alarm bagi para ilmuwan bahwa satu dari 45 asteroid berbahaya karena berpotensi menabrak bumi pada 2029. Jika asteroid ukuran ini tidak menabrak bumi, mereka akan menyerang dengan energi setara 100 bom nuklir. Namun, setidaknya untuk asteroid Apophis, kekhawatiran ini dikesampingkan.

Para ilmuwan menjadi semakin tertarik pada asteroid yang berpotensi bahaya. Sejauh ini mereka telah mengantongi 9.000 katalog asteroid dan rata-rata 800 spot baru tiap tahun.

Salah satu penemuan terbaru adalah 2012 DA14. Pada 15 Februari tahun lalu, asteroid berdiameter 45 meter ini akan melewati lintasan sekitar 36 ribu kilometer dari bumi. Lintasan ini lebih dekat ke bumi dibandingkan beberapa satelit. Namun, sekali lagi, para ilmuwan menegaskan bahwa asteroid ini tidak menabrak bumi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here