IMG-20170403-WA0004

Warga Temukan Situs Kuno Di Lereng Gunung Anjasmoro

BERITAPLATMERAH,Mojokerto – Sebuah situs kuno ditemukan warga Dusun Begagan, Desa Begagan Limo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, usai banjir bandang pekan lalu. Tumpukan lempengan batu kuno tersebut ditemukan di lereng Gunung Anjasmoro.

Lempengan batu yang tertata rapi dengan ukuran yang sangat besar tersebut ditemukan warga di salah satu tebing aliran sungai.
Struktur unik tersebut terbongkar setelah tebing di salah satu sungai itu tergerus oleh banjir bandang menerjang Desa Kalikatir, desa dibawah Desa Begaganlimo pekan lalu.

Batu kuno yang ditemukan warga tersebut ditemukan 500 meter dari pemukiman warga Dusun Begagan. Selain berada di beberapa sisis tebing sungai, beberapa titik diantaranya berada di tengah-tengah sungai dengan aliran tersusun rapi.
Namun beberapa diantaranya mengalami kerusakan akibat longsor, beberapa diantaranya mudah dilepas.

Sementara di sisi tebing lainnya, terlihat lempengan batu berukuran raksasa sepanjang sekitar 30 meter dengan tinggi sekitar empat meter.
Lempengan-lempengan batu kuno itu berjajar sepanjang sekitar 100 meter. Situs ini berada tepat lokasi yang sering disebut warga sebagai situs Watu Piring itu.

Salah satu warga Dusun Begagan, Kardi membenarkan, situs yang baru berada di sekitar Situs Watu Piring baru ditemukan warga setelah ada longsor.
“Situs Watu Piring sudah lama diketahui warga tapi warga tidak tahy nilai sejarahnya dan situs yang baru ditemukan ini diyakini memiliki hubungan dengan Watu Piring,” ungkapnya, Senin (3/4/).

Karena situs yang baru ditemukan memiliki bentuk yang hampir sama, namun dengan ukuran yang berbeda. Situs yang baru ditemukan itu terbuat dari lempengan-lempengan dengan ukuran yang lebih kecil dengan ketebalan lempengan batu yang bervariasi juga,tandasnya.(tin/tyo)