Luar Biasa! Warga Malaysia Ramai-ramai Urunan Bayar Utang Negara

0
6

Masyarakat Malaysia melakukan aksi yang tak kalah populis, setelah mendengar kabar Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad akan memotong 10% gaji para menterinya. Warga Malaysia ini ramai-ramai menggalang dana untuk mengurangi utang negara. Aksi itu dinamai “Please Help Malaysia’s’ yang bergerak di media sosial.

Aksi mulia yang dilakukan warga negara tetangga ini, tidak ada salahnya untuk diterapkan oleh Indonesia mengingat utang pemerintah pun sudah Rp 4.180,61 triliun per April 2018.

Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yushistira menilai aksi yang dilakukan warga Malaysia cukup brilian.

“Idenya cukup brilian dengan membuat crowdfunding pelunasan utang. Meskipun hasilnya tidak seberapa dibandingkan total utang pemerintah yang akan dilunasi,” kata Bhima, Sabtu (26/5/2018).

Bhima mengatakan, penggalangan dana untuk melunasi utang juga menjadi bagian pencerdasan publik terutama generasi muda. Sebab, utang jangka panjang bukan menjadi stimulus perekonomian melainkan menjadi beban ke depannya.

“Karena utang adalah pajak yang ditunda, jika pemerintah berutang dalam jumlah besar sekarang, ke depannya akan dilunasi dari pajak generasi selanjutnya. Jadi model utang seperti itu harus dikurangi,” terang Bhima.

Dengan demikian, menurut Bhima, pemerintah bisa mempertimbangkan menggalang pendanaan seperti aksi warga Malaysia yang membantu pemerintahannya demi kurangi utang negara.

“Indonesia harusnya bisa memulai hal yang sama, karena secara aplikasi fintech crowdfunding banyak pemain yang siap memfasilitasi,” tutur dia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here