Upacara Unik Warga Purutrejo Pasuruan

0
2

Pasuruan, Jatim – Acara peringati HUT Repuklik Indonesia yang ke 73 yang diselenggarakan warga Rukun Tetangga RT 01 sampai dengan  9 Dari 3 RW Kel. Purutrejo Kec. Purworejo, Kota Pasuruan berjalan kondusif dan disambut antusias oleh seluruh warga sekitar.

Pasalnya, acara tersebut dilaksanakan oleh warga setiap tahunnya dengan berpakaian unik dan adat indonesia, dimana pakaian yang paling unik akan mendapatkan sebuah hadiah. Selain Itu juga  Ada santunan kepada para janda veteran tidak luput dari acara tersebut.

Kegiatan  ini juga dihadiri para tokoh masyarakat dan pemangku agama. Turut hadir pula lurah dan anggota dewan mengikuti acara yang sakral ini demi mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan dari belenggu para penjajah.

Minwahyudi, Ketua Rukun Warga (RW) selaku koordinator pelaksanaan saat dikonfirmasi beritaplatmerah.com mengatakan, “Tujuan kami mengadakan acara ini tidak lain demi memupuk rasa solidaritas dan menanamkan wujud kebhinekaan,” tuturnya.

Dikatakannya,  acara ini tidak akan berhasil tanpa dukungan dan  spirit warga.

“Acara tahun ini lebih meriah ketimbang tahun yang kemarin, semoga apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi semua warga dan bangsa pada umumnya,” tegasnya.

Setelah upacara selesai di laksanakan, selanjutnya diisi drama kolosal yang diperankan warga setempat berceritakan gigihnya para pejuang bertempur dengan bangsa Belanda hingga tertancapnya dan berkibarnya sang saka merah mutih

Aris Budi, anggota Dewan fraksi PAN dan Alfian selaku kepala kelurahan mengapresiasi acara tersebut.

“Saya akan mensupport agar kedepannya lebih bagus dan meriah lagi. Selain tertanamnya nilai-nilai luhur para pejuang kita, terciptanya kebhinekaan. Walaupun berbeda suku dan agama,” pungkasnya.

Acara penutup diadakan lomba tarik tambang antar RT dan RW yang diikuti oleh warga desa tersebut.(said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here