Uji Coba Ok Otrip Anies-Sandi,Penumpang Sepi, Supirpun Bingung

0
20

BERITAPLATMERAH, JAKARTA-Program One Karcis One Trip ( Ok Otrip) yang digagas  Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno hari ini mulai diuji coba di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur,  pada Senin (15/1/2018) siang.

Rute pertama yang yang direncanakan akan dilalui transportasi umum dalam uji coba Ok Otrip ini, yakni dari Kampung Melayu – Duren Sawit.

Pantauan NNC, sejumlah transportasi umum jenis mikrolet yang telah dilengkapi dengan stiker Ok Trip, telah berjejer di tengah terminal. Para sopir angkutan umum ini juga terlihat sudah berada di belakang kemudi masing-masing dengan mengenakan seragam dari perusahaan mereka.

Sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Satpol PP juga terpantau berada di lokasi. Pun dengan beberapa awak media.

Namun, hingga Pukul 16.00 WIB, belum ada tanda-tanda petinggi dari Pemprov DKI yang  hadir untuk meresmikan uji coba ini. Bahkan, di sekitar lokasi juga sepi dari penumpang yang ingin mencoba kendaraan dengan menggunakan kartu Ok Otrip

Tak hanya itu, beberapa warga yang menggunakan transportasi sejenis yang tepat berada di sampingnya, mengaku tak paham apa itu Ok Otrip, dan bagaimana penggunaan serta manfaatnya.

“Nggak tahu tuh ( Ok Otrip). Saya selama ini menggunakan transportasi umum tapi nggak pernah tahu kalau ada gitu-gituan,” ujar Dewi di Terminal Kampung Melayu. Wanita paruh baya ini mengaku tinggal di Duren Sawit.

“Waduh, nggak tahu. Ini juga baru dengar dari mas,” timpal Rohma, yang berada di samping Dewi.

Menariknya, tak hanya penumpang yang bingung, sopir yang mengendarai mikrolet yang menggunakan Ok Otrip pun mengaku tak paham bagaimana prosedur program Ok Otrip, hingga berapa besaran gaji yang akan mereka dapat.

“Soal prosedur-prosedur gaji, bayar gimana, kita nggak tahu. Yang saya tahu pasang saja (Tempel kartu di mesin Ok Otrip),” ujar Bastiar.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan, uji coba dilakukan sekitar Pukul 15.00 WIB, dengan rute Kampung Melayu menuju Duren Sawit. Sementara uji coba untuk esok hari, rencananya akan dilaksanakan dari Semper-Rorotan Jakarta Utara.

“Kami sudah laporkan ke Gubernur. Arahan beliau hari ini Ok Otrip kan harus jalan. Kita akan lakukan hari ini sore mulai jam 3 sore supaya nanti warga pulang sudah bisa menikmati,” kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono,” Senin(15/1/2018).

“Hari ini yang akan jalan satu rute dulu yakni Kampung Melayu ke Duren Sawit. Bertahap kita akan tambah hari ini. Lusa satu rute lagi,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here