Tour de Indonesia Dikuti 22 Negara, Jatim Perkenalkan Budaya dan Wisata

0
35

Surabaya – Ajang kompetisi internasional balap sepeda Tour de Indonesia disambut hangat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Jadi provinsi yang dilintasi, Jatim menyiapkan kegiatan meriah yang akan disuguhkan kepada para peserta balapan.

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia atau ISSI Jatim, Wahid Wahyudi, mengatakan, dinner party atau jamuan malam akan diberikan kepada para peserta Tour de Indonesia di Gedung Negara Graha di Surabaya pada Jumat malam, 26 Januari 2018. “Pak Gubernur hadir,” katanya pada Kamis, 25 Januari 2018.

Selama dinner party, para peserta balapan sepeda akan dihibur dengan tarian khas Jatim. “Sebelum Dinner Party dimulai, terlebih dulu akan ada pelantikan pengurus ISSI Jatim periode 2017-2021. Pelantikan akan dilakukan oleh Ketua Umum PB ISSI Pusat disaksikan Gubernur Jatim,” ujarnya.

Bukan hanya di Surabaya, Wahid menjelaskan, peserta balapan juga akan disambut meriah di setiap daerah yang dilintasi. “Khusus peserta yang start dan finish di wilayah Jatim, akan disambut kepala daerah dan diberi kalungan bunga. Selain itu, juga akan disambut tari-tarian khas daerah masing-masing. Ada juga nanti juga akan ada pameran UMKM,” tuturnya.

Tour de Indonesia kembali digelar setelah tujuh tahun absen. Ajang dimulai hari ini, mengambil start di Candi Prambanan sekitar pukul 10.00 WIB. Balapan sepeda yang dimulai 25-28 Januari 2018 ini rute yang dilalui yakni, Prambanan-Ngawi-Madiun-Mojokerto-Probolinggo-Banyuwangi-Gilimanuk-Denpasar.

“Jatim menjadi provinsi yang istimewa karena 60 persen rute berada di Jawa Timur. Makanya, kami mempersiapkan secara matang sebab dampak positif dari balapan sepeda ini sangat besar bagi Jatim, utamanya bidang wisata. Total ada 22 negara yang ikut balapan ini,” ujar kata Wahid.

Negara-negara yang ikut yaitu Australia, Belgia, Kamboja, Kanada, Kolombia, Eritrean, Prancis, Jerman, Inggris Raya, Italy, dan Jepang. Kemudian Malaysia, Mongolia, Selandia Baru, Norwegia, Filipina, Singapura, Spanyol, Swiss, Thailand, Belanda dan tuan rumah Indonesia.(* Red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here