Tips Sukses Berbisnis dari Pendiri Shafira dan Zoya

0
8

Jakarta – Beberapa wanita dan pria muda sudah mulai menjalani usaha mereka. Bahkan beberapa di antaranya telah meraup keuntungan dari bisnis yang kini sedang dijalani. Saat baru memulai usaha, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya soal pengaturan keuangan. Menurut pendiri PT Shafco Multi Trading yang memayungi brand Zoya, Shafira, Mezora, serta Encyclo, Feny Mustafa, pengaturan keuangan adalah hal yang krusial untuk kelanjutan suatu usaha. Selain itu ada juga poin penting lain yang perlu diketahui oleh pengusaha baru. Berikut tipsnya:

1. Jalani Bisnis yang Disukai
Menurut Feny, sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya pastikan bisnis yang dijalani memang Anda sukai. Akan lebih baik lagi bila bisnis tersebut sesuai dengan passion Anda. Ketika menjalani bisnis yang sesuai minat maka Anda akan merasa senang saat menjalaninya bukan terpaksa.

“Pertama kita harus senang dulu dengan apa yang kita kerjakan. Kita harus senang dengan pekerjaan kita kalau nggak susah akan berjalan,” jelas Feny saat berbincang dengan Wolipop akhir pekan lalu di Grand Launching Hijab Factory, Jl. Pelajar Pejuang, Buah Batu, Bandung, Jawa Barat.

2. Pengaturan Keuangan
Ini yang sangat ditekankan oleh Feny. Wanita yang sudah 27 tahun menjalani bisnis hijab itu mengatakan bahwa banyak pengusaha yang gagal diawal karena tidak bisa mengatur keuangan mereka dengan baik. Baru untung sedikit sudah terlanjur nafsu ingin dibelanjakan barang-barang berharga. Bahkan beberapa orang memakai seluruh keuntungannya untuk memenuhi barang pribadi. Feny menegaskan agar bisa mengatur keuntungan dengan baik.

“Banyak UKM (Usaha Kecil Menengah) itu kurang tertib mengelola keuangannya. Padahal untung baru Rp 10 ribu misalnya, jika ingin dipakai maksimal hanya boleh setengahnya. Banyak pengusaha baru tapi inginnya cepat kaya. Lebih baik pikirkan bagaimana supaya perusahaan bisa tumbuh cepat, bagaimana uang diputar lagi untuk meningkatkan bisnis, jangan baru-baru sudah ingin beli mobil, rumah,” saran Feny.

3. Punya Tim yang Profesional
Setelah usaha berkembang, Anda tentu tidak lagi bekerja sendiri. Membangun tim juga tidak mudah. Feny mengatakan bila ingin bisnis berkembang pesat harus punya tim yang profesional. Anda juga harus percaya kepada karyawan sendiri namun tetap bersikap profesional saat mereka melakukan kesalahan. Percaya pada karyawan bukan berarti Anda menyerahkan semuanya tanpa tahu apa-apa, tapi tetap mengawasi bisnis yang Anda kembangkan.

4. Selalu Update
Meskipun bisnis sudah semakin maju, Anda perlu inovasi agar tak kalah saing dengan kompetitor. Penting untuk melakukan pengembangan produk agar selalu update. “Kita juga harus update terus ilmu bisnisnya, ilmu produknya, pengembangan produknya seperti apa, agar terus berkembang bisnisnya,” tambahnya.

5. Kualitas
Seiring perkembangan zaman dan teknologi tentu kualitas produk juga harus ditingkatkan. Tak hanya produknya yang terus mengikuti pasar tapi kualitasnya tidak ditingkatkan malah terkean menurun. Oleh sebab itu penting bagi pengusaha selalu meningkatkan kualitas produknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here