TIGA TERSANGKA PABRIK MINI SMKN I SAROLANGUN AKAN DUDUK DIKURSI PESAKITAN PN.TIPIKOR JAMBI

0
11

BERITAPLATMERAH.COM.Sarolangun-Jambi.Tiga berkas tersangka dugaan Korupsi pengadaan alat praktek siswa (pabrik sawit mini, red) di SMK Negeri 1 Sarolangun akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jambi. Ke tiga tersangka tersebut, masing-masing Th dan As dan Sasongko.

‘’Dalam satu atau atau dua minggu ini tiga berkas perkara dugaan korupsi pengadaan alat praktek siswa SMK Negeri 1 Sarolangun akan kita limpahkan ke Pengadi Tipikor Jambi,’’ kata Kajari Sarolangun melalui Kasi Pidus Yusep Adhiyana, SH, kepada sejumlah wartawan, baru-baru ini

Menurut Yusep, pihak kejaksaan sudah menerima pelimpahan tiga perkara dugaan korupsi pengadaan alat praktek siswa SMKN 1 Sarolangun. ‘’Terakhir kita menerima pelimpahan berkas tersangka Sasongko dari pihak kepolisian 24 November yang lalu,’’ kata Yusep.

Sebelumnya kata Yusep, pihaknya sudah menerima dua berkas tersangka atas nama Th dan As 17 November yang lalu. Saat ini kata Yusep ke tiga tersangka dalam penahanan. Th dan As ditahan di Lapas Sarolangun. Sedangkan Sasongko menjadi penghuni Lapas Kota Jambi. Sebab Sasongko masih menjalani hukuman kasus yang sama yang dilakukan di Ponorogo Jawa Timur.

Seperti diketahui, kasus pengadaan pabrik sawit mini di SMK I Sarolangun terjadi tahun 2009 lalu. Dalam kasus ini, AS sebagai PPTK dinas Pendidikan Sarolangun, TH sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Sasongko sebagai penyedia barang. Proyek pengadaan alat praktek siswa ini menelan dana sekitar Rp 4,3 Miliar dengan waktu pekerjaan 150 hari kalender. Dengan mesin praktek sawit mini ini, diharapkan  dapat menghasilkkan 1,5 ton CPO/hari. Namun di lapangan ternyata mesin tidak berpungsi. Dalam kasus ini negara dirugikan  mencapai Rp 2 miliar rupiah,jelas Yosep.( Rifaiduri )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here