tape-ketan-hitam

Terungkap,,Ternyata Tape Ketan Lebih Memabukkan dari Bir

BERITAPLATMERAH, “Jika tapai tidak dipantau, kemungkinan patokannya pakai hari ya. Jadi kalau sudah empat hari ya sudah. Tidak ada kontrol dan diketahui berapa kandungan alkohol di dalamnya itu,” kata Brewery Technological Specialist PT Multi Bintang Indonesia, Daniel Ilham.

Berbeda halnya dengan pembuatan bir di pabrik yang ada aturan ketat. Mulai dari kontrol bahan baku hingga kandungan alkohol di dalam produksi bir.

Pengunjung festival Oktoberfest bersulang dengan gelas berisi bir di tempat peristirahatan Theresienwiese di Munich, Jerman selatan (24/9). Festival bir terbesar di dunia ini berlangsung sampai 3 Oktober 2017. (AFP Photo/dpa/Tobias Hase/Germany Out)

“Sesuai regulasi pemerintah, bir masuk dalam golongan A dengan kadar alkohol di bawah 5 persen,” ujar Daniel saat berkunjung ke SCTV Tower, Rabu (25/10/2017).

Walau kandungana lkohol pada bir lebih rendah dari tapai, bukan berarti bir bisa dikonsumsi sesuka hati. Bir merupakan minuman bagi seseorang yang sudah 21 tahun ke atas. Saat mengonsumsi bir pun sebaiknya bertanggung jawab. Pada pria maksimal dua gelas bir (0,25 liter/gelas) dan wanita satu gelas bir.