Tertarik Bisnis Online? Simak Dulu Tips Berikut Ini

0
38

Jakarta -Cukup banyak pelaku usaha berbasis online berguguran di tahun pertama menjalankan bisnisnya. Salah satu penyebabnya karena pelaku usaha belum sepenuhnya memahami bisnis online.

Fajrin Rasyid, Co Founder Bukalapak.com yang juga ngelotok soal bisnisonline, memberikan sejumlah tips agar sukses menjalankan bisnis online.

Pertama, kita kenali dulu kesalahan yang sering dibuat pebisnis online. Kesalahan yang paling sering dilakukan pedagang, adalah tidak memperlakukan diri mereka sebagai pembeli,” ujar Fajrin dalam diskusi di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Selasa (9/2/2016).

Untuk itu, kata dia langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengenali kebiasaan para pembeli sebelum melakukan transaksi jual beli via onlinemelalui berbagai media di internet.

Kedua, Pembeli yang ingin berbelanja online umumnya memperoleh barang mereka dengan cara search terlebih dahulu produk yang mereka cari. Oleh sebab itu, cantumkan dengan jelas produk yang akan ditawarkan.

“Misalnya kita mau jual produk ‘Kripik Pisang Fajrin’. Maka jangan hanya menulis ‘Fajrin’. Tulislah lengkap dangan nama produknya. Maka kalau orang search kripik pisang, maka produk kita akan ikut muncul dalam hasil pencarian di Internet,” ujar dia.

Ketiga, menetapkan harga yang wajar dan masuk akal. Jangan lupa, kata dia, kita bukan satu-satunya penjual yang menawarkan produk tersebut. Maka salah satu yang memperbesar peluang produk kita dibeli adalah sisi harganya.

“Pembeli yang search itu 50% sudah ingin membeli. Asal produk yang kita tawarkan wajar dan masuk akal, orang pasti beli. Begitu kira-kira tipsnya agar produk kita dilihat saat belanja online,” terang Fajrin.

Sementara itu, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, ​Wayan Dipta Mengatakan, e-commerce ini membuka peluang bagi pelaku usaha untuk memasarkan produknya tanpa terbatas jarak dan wilayah.

“Kita bisa ambil contoh, bagaimana bawang goreng dari Palu yang terkenal enak bisa dipasarkan ke berbagai wilayah bukan hanya di Indonesia tapi hingga ke mancanegara,” ujar dia.

Fajrin Rasyid menambahkan, berdagang melalui internet juga bisa dijadikan satu peluang bagi pebisnis pemula untuk memulai usaha dengan biaya yang minim.

“Dulu kita berpikir untuk memulai usaha kita diberatkan dengan biaya sewa toko, membuat display dan sebagainya. Dengan e-commerce kita bisa memulai usaha bisa dikatakan dengan tanpa modal,” jelas dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here