Terkait Penetapan Paslon Cabup-cawabup, KMP3 Layangkan Surat Peringatan Ke KPUD Pemalang

0
75

Beritaplatmerah.com-Pemalang – Tahapan Pilkada Pemalang yang yang akan memasuki tahap pengumuman paslon Senin (24/8) mendapat sorotan tajam oleh Koalisi Masyarakat Pemalang Peduli Pilkada (KMP3) yang bermarkas di jalan Cisadane no.33 Kebondalem, Pemalang, sehingga KMP3 mengirim surat himbauan kepada KPU agar bekerja secara professional dan sesuai mekanisme serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Perwakilan KMP3 yang dimotori oleh Direktur Eksekutif Puskapik Heru Kundhimiarso dan Ketua GRIB Pemalang Budi Sudiarto, ditemui kantor DPC GRIB Pemalang jln. Bromo No:2 Mulyoharjo-Pemalang, Minggu (23/8/2015) mengatakan,“Surat ini adalah sebagai tindak lanjut agenda audiensi yang telah kami (KMP3) selenggarakan dengan pihak KPU, Rabu (19/8) kemarin,” ujar Kundhi.

heru
Foto Heru Kundhimiarso saat menunjukan surat yang akan dikirim ke KPUD Pemalang

Masih kata Kundhi bahwa Pilkada sebagai ajang kompetisi perebutan suara rakyat untuk mendapatkan jabatan-jabatan politik harus diselenggerakan oleh lembaga yang kredibel baik dimata rakyat maupun peserta sendiri oleh karena itu lembaga penyelenggara Pemilukada harus independen, agar keputusan yang diambil semata-mata demi menjaga kemurnian suara rakyat.

Pernyataan Kundhi dipertegas oleh Ketua DPC Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB-) Pemalang Budi Sudiarto, SH,” KMP3 yang terdiri dari unsur Pusat Informasi dan Kajian Kebijakan Publik (PuskAPIK) yang dikomandoi  Heru Kundhimiarso, Asosiasi Wartawan Professional Indonesia (AWPI) dikoordinatori Heru Prabowo, dan Tim Advokat dari LBH PuskAPIK Ivan Barischnuddin, SH. mewakili masyarakat Pemalang dalam suratnya kepada KPU Pemalang selaku penyelenggara pemilu, KPU Pemalang harus bekerja sesuai mekanisme dan aturan perundang-undangan, proses verifikasi administrasi (berkas) paslon cabup-cawabup oleh karenanya KMP3 meminta KPU agar prosesnya dijalankan secara transparan,” paparnya.

Sedangkan ketika ditanyakan mengenai tahapan penetapan paslon yang akan dilaksanakan pd senin(24/08) Budi menyampaikan,“ terkait penetapan paslon cabup-cawabup yang akan dilaksanakan besok hari senin(24/08), kami minta agar keputusan yang akan diambil tidak ada intervensi dari pihak manapun,” tegasnya.

Budi juga menyanpaikan jika dalam mengambil keputusan terkait penetapan cabup-cawabup, tidak sesuai aturan dan mekanisme yang ada,  KMP3 akan mengambil langkah hukum sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku oleh karenanya KPU Pemalang harus bisa mengambil langkah tegas, termasuk menggugurkan (mencoret) bakal paslon cabup-cawabup yang tidak lolos verifikasi (tidak memenuhi syaratan). Dan hasilnya harus disampaikan terbuka kepada publik agar tidak terjadi kesalah pahaman yang berdampak pada timbulnya cheos.(Joko Longkeyang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here