Tegas,,,,Kopolri Minta Demokrat Agar Hati-hati Mengeluarkan Kalimat Kriminalisasi

0
59

BERITAPLATMERAH, JAKARTA-Kapolri Jenderal Tito Karnavian memperingatkan Partai Demokrat, agar lebih berhati-hati dalam mengeluarkan kata-kata kriminalisasi. Menurutnya, kriminalisasi itu ada jika memang tidak ada perbuatan tindak pidana.

“Hati-hati dalam menggunakan bahasa kriminalisasi,” kata Kapolri di Mabes Polri Jalan Trunonoyo, Jakarta Selatan, Jumat (5/1).

Tito menjelaskan, terjadinya kriminalisasi jika perbuatan bukan tindak pidana tapi dipaksakan tindak pidana, itu namanya kriminalisasi. Namun, kalau ada proses yang dilakukan dugaan pidana apalagi kasusnya sudah hampir satu tahun prosesnya dan kemudian proses itu dilanjutkan itu namanya penegakan khukum.

“Jadi tolong bahasa kriminalisasi hati-hati betul,” tegas Kapolri.

Peringatan tertersebut disampaikan kapolri setelah partai Demokrat menuding tudingan adanya dugaan kriminalisasi pasca pemeriksaan Syahrie Jaang oleh Bareskrim Mabes Polri.

Tito menegaskan, pihaknya mengedepankan asas persamaan di muka hukum dan tak ada proses kriminalisasi. Mantan Kapolda Metro Jaya ini menyebut, kriminalisasi itu terjadi kalau perbuatan bukan tindak pidana tapi dipaksakan tindak pidana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here