Taktik Barca Untuk Bongkar Pertahanan ‘Si Nyonya Tua’

0
28

Barcelona akan menghadapi Juventus pada pertandingan final Liga Champions 2015 di Berlin. Ini menjadi final keempat bagi Barcelona dalam 10 tahun terakhir usai merai juara pada 2006, 2009, dan 2011.

Tahun ini pun Barcelona menjadi tim yang lebih diunggulkan dibanding lawannya, Juventus. Penampilan mereka sejak fase grup hingga babak semifinal sangat meyakinkan. Tim besutan Luis Enrique itu hanya kalah dua kali dan sisanya menang.

Jika membicarakan permainan, tentu tidak sulit untuk memperkirakan gaya permainan yang akan dijalani Barca pada pertandingan nanti. Barcelona memang merupakan tim yang hampir selalu menggunakan gaya permainan yang sama pada setiap pertandingannya. Permainan tiki-taka yang sudah menjadi ciri khas mereka dalam beberapa tahun terakhir ini.

Namun yang akan menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara tiki-taka Barcelona menembus pertahanan Juventus?

Barcelona kemungkinan akan menurunkan starting XI yang sama dengan pertandingan-pertandingan sebelumnya dengan formasi 4-3-3. Los Cules akan tetap mengandalkan trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar di depan dengan dukungan Ivan Rakitic, Andres Iniesta, dan Sergio Busquet dari lapangan tengah. Serangan Barca akan dilengkapi dengan kedua fullback mereka yang melakukan overlap dan menekan area pertahanan Juve.

Perkiraan Starting XI Barcelona

Di sisi lain Juventus kemungkinan akan menggunakan formasi 4-3-1-2 dengan trio Andrea Pirlo, Paul Pogba, dan Claudio Marchisio berdiri di depan barisan pertahanan. Untuk menghindari penyerang-penyerang Barcelona mampu bergerak bebas, pelatih Juve, Massimo Allegri, akan menempatkan ketiga gelandangnya tersebut berdiri rapat di depan 4 pemain bertahanan.

Untuk bisa menembus hal ini, Barcelona akan kembali mengandalkan pergerakan pemain andalannya, Lionel Messi. Messi yang ditempatkan di sisi kanan, akan diberikan kebebasan untuk bergerak keluar dari posisinya dan mencari ruang. Pergerakan Messi ini tentu akan memberikan ancaman tersendiri pada area pertahanan Juventus.

Salah satu pergerakan Messi yang dapat mengancam adalah ketika Messi bergerak ke area tengah. Jika Messi berada di area tengah, ditambah 3 gelandang yang beroperasi di area itu, Barcelona akan memiliki 4 pemain di area tersebut. Kondisi ini tentu akan menguntungkan Barcelona mengingat Juventus hanya menempatkan 3 pemain pada area tengah.Pergerakan Messi ke area tengah yang membuat Barca unggul jumlah pemain di tengah

Pergerakan Messi ke area tengah yang membuat Barca unggul jumlah pemain di tengah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here