Tahu Campur Khas Pemalang, salah satu icon kuliner Asli Pemalang.

0
38

BERITAPLATMERAH.COM-PEMALANG– Selain grombyang dan sate loso, tahu campur khas pemalang merupakan salah satu icon kuliner asli kabupaten Pemalang.  Dibeberapa daerah juga mengandalkan tahu campur sebagai salah satu khas makanan daerah tersebut, hal ini membuktikan bahwa makanan ini memang di minanti oleh semua lapisan masyarakat.

Tahu campur pemalang sekilas hampir sama dengan tahu campur daerah lainnya.  Sajian makanan dengan bahan dasar tahu putih, dengan sayuran kubis dan tauge, diberi bumbu kacang, dengan topingremasan krupuk usek, dimakan menggunakan lontong atau nasi.

Tahu campur yang ada di Pemalang sendiri kalau diamati ternyata ada beberapa aliran atau golongan dalam  gaya penyajian. Kalau boleh dikelompokkan minimal ada 3 kelompok penyajian yang sedikit berbeda satu sama lainnya.
Kelompok gaya penyajian  tersebut adalah kelompok Kardi, Kelompok Dikin dan kelompok lotek. Letak perbedaannya ada di pemberian sambal kacangnya.

Kelompok Kardi, dengan cikal bakal bapak Kardi, yang diteruskan oleh anak turunnya dan saudara saudara nya, membuka warung makan condong raos, barito, barito putra, barito putri. Penyajian saos atau sambel kacangnya sudah dibuat sebelumnya dimasukkan dalam botol kaca,  yang khas dari sambal kacangnya agak pekat dan luget. Warungnya dapat di jumpai antara lain di jl. A. Yani, jlm Pemuda, jl. Sindoro, samping BCA Pemalang.

Pada kelompok Dikin, dengan cikal bakal penjual bapak Dikin, saat ini  diteruskan oleh anak, keponakan dan juga sudah memasuki generasi ke 3 ini ciri khasnya sambal kacangnya agak encer, sehlingga pada penyajian tahu campurnya cenderung berkuah. Warungnya dapat di jumpai di seputaar alun alun Pemalang, jl. Kenanga.

Kelompok ketiga adalah  tahu campur lotek yang biasanya di jual bersamaan dengan jualan lotek, sambel kacangnya fres langsung diulek ketika ada pesanan. Banyak penjual lotek yang juga menyediakan tahu campur.

Dari ketiganya mana yang enak. Semuanya enak dan tergantung selera masing masing konsumen karena semua warung saat ini rame pengunjung.
Selamat berburu kuliner di Pemalang.
(sarwo edy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here