Svalbard Global Seed Vault Disiapkan Untuk Menghadapi Kehancuran Dunia !

0
13

Longyearbyen – Bayangkan ketika dunia hancur seperti bencana alam yang dahsyat datang dan manusia kelaparan. Inilah Svalbard Global Seed Vault, yang disiapkan untuk memulai kembali kehidupan di Bumi.

Situs BBC Travel, Rabu (2/3/2016) merilis ‘Five Places You’re Not Allowed to Visit’ alias 5 tempat yang tak boleh dikunjungi traveler. Salah satunya adalah tempat yang bernama Svalbard Global Seed Vault di Norwegia.

Mungkin belum banyak orang yang pernah mendengar namanya. Tahukah Anda, ternyata Svalbard Global Seed Vault disiapkan untuk menghadapi kehancuran dunia!

Sebelumnya kita ketahui dulu lokasi Svalbard Global Seed Vault. Lokasinya berada di Pulau Spitsbergen di Kepulauan Svalbard. Pulaunya ada di Samudera Artik dan berada di bagian utara dari Norwegia, yang sangat terpencil.

Dari Kota Oslo, ibukota Norwegia saja dibutuhkan waktu tempuh 3 jam naik pesawat. Pulau Spitsbergen pun lokasinya sudah cukup dekat dari Kutub Utara, yang berjarak 1.300 km.

Dibuka tahun 2008, pencetus pembuatan Svalbard Global Seed Vault adalah dari organisasi-organisasi dunia yang peduli terhadap pelestarian tanaman dan pangan. Beberapa organisasinya seperti Consultative Group on International Agricultural Research (CGIAR), Global Crop Diversity Trust (GCDT) dan Nordic Genetic Resource Center (NordGen). Mereka bekerja sama dengan pemerintah Norwegia untuk membangun Svalbard Global Seed Vault tersebut.


Bagian dalam Svalbard Global Seed Vault (Reuters)

Kemudian, dibuatlah suatu ruangan luas yang menembus gunung ke kedalaman 150 meter. Di bagian luarnya, hanya satu pintu besar berwarna putih saja. Di Svalbard Global Seed Vault inilah tersimpan, 2 juta benih tanaman di dunia!

2 Juta benih tersebut disimpan dengan kondisi yang sangat baik. Tujuannya satu, agar bisa menjadi cadangan dunia, kala Bumi sudah hancur akibat bencana alam yang dahsyat atau perang antar negara yang saling menghancurkan. Svalbard Global Seed Vault bak tempat untuk memulai kehidupan lagi, dengan cadangan benih tanaman yang dinilai bisa menyambungkan kembali kehidupan manusia.

2 Juta benih di Svalbard Global Seed Vault pun tersimpan dengan keadaan sempurna. Itu tak terlepas dari sistem keamanan dan pelestarian yang sangat canggih!

Dari segi bangunan, lokasinya sangat aman dari aktivitas tektonik yang artinya tidak pernah terjadi gempa Bumi. Kemudian tempatnya yang berada di ketinggian 130 mdpl, membuat tempatnya tetap kering bahkan jikalau es di Kutub Utara melelah dan membuat permukaan laut naik.


benih-benih yang tersimpan (AFP/BBC Travel)

Benih-benihnya ditaruh dalam kotak khusus, yang mana dikemas dengan empat lapis khusus dan segel panas untuk mempertahankan kelembaban. Mesin khusus untuk menjaga kehangatan di dalam ruangannya juga disediakan.

Kemudian, soal keamanannya diterapkan standar tinggi. Atap brankas dan pintu masuk diisi dengan baja yang sangat reflektif, cermin dan prisma. Menara kontrol menjulang tinggi, memantau Svalbard Global Seed Vault setiap hari, 24 jam sehari dan 365 hari setahun. Bahkan, di dalamnya sampai ada sensor gerak.

Walau sempat memunculkan kontroversi, Svalbard Global Seed Vault hingga kini disebut sebagai ‘bank’ benih tanaman terlengkap di dunia. Namun, hanya para ilmuwan dan peneliti saja yang sudah mendapat kartu izin khusus yang bisa berkunjung ke sana.

Toh setidaknya, jika dunia ini hancur dan kelaparan merajalela, maka Svalbard Global Seed Vault adalah tempat untuk kembali memulai kehidupan.

(BBC Travel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here