Survei:55% Rakyat Indonesia Cukup Yakin ,”Presiden Jokowi Bisa Bawa Perubahan”

0
39
Berita Platmerah.com-Jakarta – Sudah setahun sejak Jokowi terpilih sebagai Presiden RI. Apakah rakyat menyesal memilih eks Gubernur DKI itu?Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis survei bertema “Kinerja Presiden Jokowi: Evaluasi Publik Nasional Setahun Terpilih Menjadi Presiden”. Survei ini merekam pendapat 1.220 responden soal tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi.Survei digelar pada 25 Mei – 2 Juni 2015. Populasi survei adalah seluruh warga Negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.Jumlah responden sebanyak 1.220 orang, yang dipilih secara random. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang dilatih. Satu pewawancara bertugas untuk satu desa/kelurahan yang terdiri dari 10 responden. Margin of error survei ini 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95%.

Pada bagian lain survei, SMRC menggambarkan tingkat kepuasan rakyat ke kinerja Jokowi tergolong rendah. Dengan kondisi tersebut, apakah para pemilih Jokowi menyesali pilihannya? Berikut hasil surveinya:

87,9% Pemilih Jokowi tidak menyesali pilihannya
11% Pemilih Jokowi menyesali pilihannya
1,1% Pemilih Jokowi tidak tahu

Hasil survei ini dibarengi dengan keyakinan para pemilih Jokowi bahwa Presiden pilihannya masih bisa memperbaiki keadaan. Berikut hasil surveinya:

5,6% Sangat yakin Jokowi bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik
49,3% Cukup yakin Jokowi bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik

33,8% Kurang yakin Jokowi bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik
4,1% Tidak yakin sama sekali Jokowi bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik
7,2% Tidak tahu

.

(tor/erd)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here