Sindiran ‘Ketum Golkar Jangan Cemen Seperti Ayam Sayur’

0
8

Jakarta – Baru sepakat islah, internal Partai Golkar kembali memanas menjelang munas. Panasnya luar biasa, sampai-sampai muncul sindiran adanya ‘ketum cemen seperti ayam sayur’.

Internal Golkar memang luar biasa bergejolak setelah Ketum Golkar Munas Riau Aburizal Bakrie memutuskan akan menggelar Munas Golkar untuk mengakhiri kisruh Golkar dalam waktu dekat. Dalam sekejap nama-nama caketum Golkar bermunculan.

Paling tidak menurut Agung Laksono ada 11 nama calon yang berpotensi maju sebagai caketum Golkar. Sebelas nama itu adalah Priyo Budi Santoso, Idrus Marham, Zainuddin Amali, Ade Komarudin, Airlangga Hartarto, Mahyudin, Agus Gumiwang, Agun Gunanjar, Gusti Iskandar, Fadel Mummad, dan Indra Bambang Utoyo. Belakangan ada nama eks Ketua DPR Setya Novanto  yang kabarnya juga siap bertarung.

Meski namanya muncul terakhir, bukan berarti Novanto keteteran menyiapkan amunisi menghadapi munas. Loyalisnya sudah langsung bergerilya, misalnya Ketua DPD I Golkar Sultra yang juga Ketua Paguyuban DPD I Golkar, Ridwan Bae, mengungkap adanya pernyataan Ade Komarudin (Akom) tak akan maju caketum Golkar. Ia bahkan menguak DPD I Golkar menginginkan Akom memilih kursi pimpinan DPR atau maju sebagai caketum Golkar. Singkatnya loyalis Akom ini ingin mengganjal Ade Komarudin yang dianggap sebagai salah satu lawan berat Novanto.

Hal ini memicu renspons keras loyalis Ade Komarudin. Kubu Akom langsung menuding ada yang mencoba menjegal jagoannya itu menuju munas. Mereka melontarkan pembelaan-pembelaan, sampai mengungkap adanya pesan Aburizal Bakrie dalam sebuah chat group yang menegaskan Akom dipersilakan maju meramaikan Munas Golkar. Mereka pun balik menyerang, dengan mengungkap adanya pihak yang ketakutan menghadapi Akom, meski tak gamblang menyebut pihak itu adalah Novanto cs.

“Pertanyaan saya? Siapa sih yg ketakutan kalah kalau Akom maju?¬† Buat saya, pernyataan itu (kalaupun ada) tidak bisa dijadikan alat untuk menjegal Akom. Buka saja ke publik. Saya yakin orang juga akan tertawa saja. Dan komentar EGP! (Emang Gue Pikirin),” kata Ketua Komisi III DPR dari Golkar Bambang Soesatyo yang dikenal sebagai loyalis Ade Komarudin,
Bambang kemudian melontarkan sindiran tajam.¬† “Menurut saya, yang terpenting saat ini adalah bahwa ketum Golkar harus bertaji. Tidak boleh lagi seperti ayam sayur. Golkar butuh ketum yang kuat secara posisi dan kedudukan yang sejajar dengan presiden. Bukan ketum yang cemen dan tidak jelas,” kata Bambang tanpa menyinggung nama tertentu dalam bursa caketum Golkar.

Dia kemudian mengungkap nasihat seorang senior yang mengharapkan bukan ‘orang-orang itu’ lagi yang memimpin Golkar.

“Ini nasihat dari seorang senior yang sangat saya hormati: “Maju terus Bamsoet, ini bukan soal Akom tapi soal partai ini masih layak untuk diselamatkan atau tidak. Tidak ada gunanya juga kita jadi bagian mereka kalau masih orang-orang itu yang pimpin, itu akan jadi awal keterpurukan Golkar. Jadi jauh lebih baik maju dan kalah karena berarti kita sudah pernah mencoba untuk menyelamatkan partai ini. Dan jauh lebih baik lagi kalau Tuhan mengizinkan menang. Jadi opsi mundur sama sekali bukan pilihan. Dan sekali lagi ini bukan soal Akom tapi soal penyelamatkan partai. Akom hanyalah sarana untuk itu. Maju terus karena mundur bukan pilihan,” beber Bambang.

Lalu siapa sebenarnya orang-orang yang ingin dikalahkan Akom dan Bamsoet cs?

(detikcom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here