kopi

Sering Alami Gangguan Lambung? Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Perut Kosong

Sering Alami Gangguan Lambung? Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Perut Kosong
Foto: Thinkstock

Bandung – Lambung yang kosong lebih sensitif terhadap makanan. Karenanya konsumsi makanan perlu lebih cermat. Terutama makanan pedas dan asam yang bisa berakibat buruk bagi penderita gangguan lambung.

Pastikan Anda sudah ngemil, minum air putih atau makan sebelum mengonsumsi beberapa makanan ini. Karena untuk beberapa orang​ yang sensitif lambung dan pencernaanya​, makanan ini bisa timbulkan sakit perut.

1. Makanan pedas
Makanan pedas memang sangat menggugah selera. Akan tetapi untuk Anda yang tidak biasa, perlu berhati-hati. Saat Anda mengonsumsi makan pedas dalam keadaan perut yang kosong, maka lambung bisa saja bereaksi dengan menghasilkan reaksi asam dan juga kram pada perut.

2. Kopi dan teh

Banyak orang yang mengonsumsi kopi dan juga teh di pagi hari. Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki lambung sensitif sebaiknya hindari minum kopi dan teh sebelum makan. Kehadiran kafein dalam kopi tidak baik untuk lambung. Untuk menghindari naiknya kadar asam lambung, sebaiknya minum segelas air putih terlebih dahulu sebelum kopi.  Terlepas dari meningkatnya kadar asam lambung. Kopi juga dapat membantu untuk menyeimbangkan hormon yang dapat menyebabkan stres dan kecemasan.

Sepe​rti ​ halnya kopi, teh juga dapat meningkatkan kadar asam lambung dengan mengeluarkan asam lambung yang berlebih. Hal ini bisa sebabkan perut Anda mulas jika mengonsumsi dalam keadaan perut kosong.

3. Yoghurt
Yoghurt disebut-sebut sebagai bahan makanan yang kaya akan probiotik dan juga kalsium. Tetapi jika Anda konsumsi yoghurt saat perut sedang kosong maka akan menimbulkan reaksi sakit perut. Sehingga perlu di perhatikan sebelum mengonsumsi yoghurt terutama di pagi hari.

4. Tomat

Buah yang kaya akan vitamin C dan juga likopen ini sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Tomat yang dikonsumsi saat perut kosong bisa saja menimbulkan reaksi asam dalam perut sehingga membentuk gel larut yang sebabkan kalkulus pada perut. Penyakit ini juga biasa disebut dengan ‘batu perut’.

5. Soda dan alkohol

Soda merupakan minuman dengan tinggi asam berkarbonasi. Bila dicampur dengan asam lambung, ini akan menimbulkan masalah seperti mual dan juga rasa tidak nyaman pada lambung.
Sedangkan untuk alkohol, sebaiknya minum saat setelah Anda mengonsumsi makanan. Jika perut Anda kosong dalam jangka waktu lama hal ini bisa menimbulkan efek cepat mabuk hingga berdampak pada peningkatan asam lambung yang tinggi.