Semua Lintas Sektor, Dukung Akreditasi Puskesmas Tanjung Enim

0
86

BERITAPLATMERAHTANJUNG ENIM (SUMSEL) – ‎Puskesmas Tanjung Enim,Kabupaten Muara Enim tengah menuju ke proses akreditasi pada 2017 ini. Untuklah sebagai bentuk dukungan dan komitmen bersama,berbagai pihak dari lintas sektor melakukan penggalangan demi terwujudnya Akreditasi Puskesmas Tanjung Enim. Acara ‎yang dihelat di Gedung Aula Kecamatan Lawang Kidul, itu ‎dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Muara Enim dr Yan Riadi MARS, Camat Lawang Kidul Drs Rachmat Noviar MSI, Unsur tripika dan pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Puskesmas Tanjung Enim dr Hj Siti Maisaroh menjelaskan, penggalangan komitmen lintas sektor di Kecamatan Lawang Kidul ini merupakan salah satu langkah Puskesmas Tanjung Enim untuk menuju proses akreditasi pada 2017.

“Kegiatan dukungan lintas sektor yang sudah ditanda tangani bersama secara langsung oleh pemerintah kecamatan, perusahaan, masyarakat terkait dan pihak-pihak lainnya,” ujarnya.

Dijelaskannya, Puskesmas tugasnya bukan hanya didalam gedung saja, tetapi diluar juga dan  tidak bekerja sendiri, tetapi seluruh sektor. Untuk itulah dukungan kesepakatan lintas sektor untuk mendukung kegiatan Puskesmas diluar sektor ini nantinya.

Menurut Maisaroh, penanda tanganan dukungan lintas sektor ini dihadiri 100 orang tamu dari berbagai lintas sektor, baik dari unsur pemerintahan, swasta, perusahaan, kader kesehatan, toga, toma, pemuda, termasuk tripika, dan juga perwakilan DPRD yang berkenan.‎

“Akreditasi yang akan didapat Puskesmas ini merupakan wujud kerja nyata dari puskesmas. Untuk itulah untuk mengetahui dukungan, beberapa kegiatan butuh dukungan dari kecamatan. Bila perlu sampai ke tingkat desa dan pihak-pihak lainnya,” bebernya.

“Ya akreditasi dari pihak independen sudah pasti mutu pelayanan kualitas sudah baik. Diakreditasi artinya ada kreteria standar SOP dan mutu pelayanan baik. Namun akreditasi ini ada tingkatan Akreditasinya, yakni, akreditasi dasar, madya, utama, dan paripurna,” imbuhnya.

Nah,berdasarkan aturan lanjutnya, semua unit pelayanan kesehatan mesti terakreditasi, termasuk klinik-klinik fasilitas kesehatan. Dalam proses ini di tahun 2017 puskesmas Tanjung Enim bisa terakreditasi.

“Soal akreditasi apa yang akan didapat Itu tergantung dari penilaian. Kalau target kita bisa terakreditasi paripurna,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim dr H Yan Riadi MARS mengatakan, tujuan dari kegiatan ini tidak lain untuk minta dukungan lintas sektor pada Puskesmas Tanjung Enim. Pertama karena Puskesmas melaksanakan penilaian akreditasi 2017. Disamping itu butuh dukungan dari lintas sektor.

Disamping itu kata Yan, ada sekitar 7 Puskesmas yang dalam proses ini di Kabupaten Muara Enim. Diantaranya adalah, Puskesmas Pajar Bulan Semendo Darat Ulu (SDU), Puskesmas Tanjung Enim Lawang Kidul, Puskesmas kota Muara Enim, Puskesmas Gunung Megang, Puskesmas Lembak, Puskesmas Sukarami dan Puskesmas Gelumbang pada tahun2017 ini.

IMG_20170214_102850
Foto:Hendro AldoIrawan: Tampak suasana kegiatan ‎penggalangan komitmen lintas sektor di Kecamatan Lawang Kidul,Kabupaten Muara Enim‎

“Sisanya pada 2018. Akreditasi ini proses penilaian terhadap Puskesmas sesuai standar mutu yang telah ditetapkan Puskesmas. Nantinya berstandar secara nasional. Tujuan akhirnya menjamin pelayanan kesehatan masyarakat. Untuk jumlah Puskesmas di Kabupaten Muara Enim ini ada 21 Puskesmas,” tutupnya.‎

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here