Selamat Hari Pers Nasional !

0
10

JAKARTA – Tepat pada 9 Februari 1946, organisasi insan pers pertama, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) terbentuk dengan anggota yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia.

Hari ini, bangsa Indonesia akan memperingati tanggal itu sebagai Hari Pers Nasional (HPN) 2016. Acara puncaknya akan berlangsung di Pantai Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dunia pers memang terus bertranformasi, terutama setelah internet menjamah peradaban manusia. Karya jurnalistik tak hanya bisa dibaca lewat surat kabar atau media cetak lainnya, tapi juga dibaca lewat berbagai perangkat elektronik canggih yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern.

Dunia jurnalistik di Indonesia juga sempat mengalami pasang surut. Tentu sejarah telah mencatat saat rezim Orde Baru mengatur sirkulasi pemberitaan dan membredel karya jurnalistik yang “bandel” saat itu. Kritik dibungkam dan masyarakat lebih banyak diam.

Setelah reformasi, angin segar berhembus di dunia jurnalistik. Insan pers bebas berkarya dan mengeluarkan kritiknya tentang berbagai hal, termasuk setiap rezim pemerintah yang berkuasa.

Tentu harapannya, dunia pers di Indonesia semakin baik menyajikan fakta di tengah kehidupan berdemokrasi yang makin matang.

Selamat hari pers nasional!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here