Sehari Kebakaran Besar Terjadi di Dua Tempat di Sumsel, Puluhan Rumah Hangus Terbakar

0
2

MUARA ENIM (SUMSEL) – Musim kemarau membuat kita harus lebih waspada dalam menjaga lingkungan sekitar dan tempat tinggal masing-masing, terlebih di musim kemarau panjang serta panas saat ini, peristiwa kebakaran sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Seperti yang terjadi pada Selasa (9/10/2018) kemarin, di dua wilayah kabupaten di Sumatera Selatan (Sumsel), dalam satu hari dua peristiwa kebakaran besar terjadi dengan waktunya hampir bersamaan.

Musibah kebakaran yang pertama  terjadi di Kabupaten Muara Enim, tepatnya di Desa Gunung Agung, Kecamatan Semendo Darat Tengah (SDT), si jago merah melahap sebanyak 22 rumah warga hingga hangus terbakar dan rata dengan tanah, serta 7 rumah lainnya mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dilapangan, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB itu, api diduga berasal dari rumah salah satu rumah warga berinisial TW (35), yang dengan cepat merambat ke rumah warga lainnya. Melihat kejadian tersebut, masyarakat secara bahu membahu berupaya memadamkan kobaran api yang semakin membesar sembari menunggu bantuan dari mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) tiba.

Kedatangan mobil Damkar juga tidak banyak membantu karena hanya ada 1 unit untuk melayani di tiga kecamatan Semendo Area. Namun, berkat kekompakan warga dalam memadamkan api dan dibantu Damkar api bisa dipadamkan setelah lebih kurang 1 jam.

Menurut keterangan salah satu warga yang ada saat kejadian Ansori (40), api yang diduga berasal dari rumah TW (35), dalam hitungan menit sudah membesar dan merambat ke rumah warga di sekitarnya.

“Api dengan cepat membesar hingga masyarakat kewalahan untuk memadamkan, dikarenakan cuaca di musim panas/kemarau dan ditambah derasnya angin, ya kemungkinan rumah yang terbakar bertambah. Karena api masih besar saat itu sedangkan mobil Damkar hanya tersedia satu unit,” ujarnya.

Sementara itu, kebakaran serupa juga terjadi di kota Pelembang, tepatnya di pemukiman warga dekat jembatan Ogan Kertapati. Kebakaran ini diperkirakan terjadi pada pukul 10.45 WIB. Setidaknya sebanyak 6 unit rumah, 2 bedeng, dan 3 rumah rakit ludes terbakar pada musibah kebakaran yang terjadi di Jalan Aiptu A Wahab Lorong Belimbing
RT 8 RW 2 Kelurahan Tuan Kentang, Kecamatan Seberang Ulu 1 kota Palembang.

Diharapkan dengan banyaknya kejadian kebakaran akhir-akhir ini, kita semua tetap waspada dalam menjaga kondisi lingkungan kita. Semisal pemakaian listrik yang ceroboh, lupa mematikan kompor minyak atau kompor gasnya, serta membakar lahan (kebun, red) ataupun sampah yang tidak dijaga dan ditinggalkan begitu saja. (Aldo Dj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here