Rizal Ramli:Jadikan Danau Toba “Monaco Asia”, Presiden Bentuk Badan Otoritas

0
24
Desa-Bakara-di-Pesisir-Danau-Toba
Kecamatan Baktiraja, kab.Humbahas,Pesisir danau Toba

Beritaplatmerah.com.sumut-Pemerintah akan mengukuhkan badan otoritas pariwisata yang bertanggung jawab dalam pengembangan sektor ekonomi dan sosial di 10 destinasi wisata utama sebelum akhir 2015. Salah satunya adalah mengubah Danau Toba menjadi semacam “The Monaco of Asia”.

“Sebelum akhir tahun sudah ada Keputusan Presiden tentang badan otoritas pariwisata,” kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli di sela seminar paparan ekonomi, di Jakarta, Selasa (24/11).

Otoritas tersebut akan memiliki perwakilan di 10 destinasi wisata prioritas yang sedang dikembangkan pemerintah. Hal tersebut merupakan salah satu cara pemerintah untuk mengembangkan destinasi dan industri pariwisata nasional, sebagai sektor pembuka lapangan kerja.

“Lapangan kerja sekarang (dari parawisata, red) tiga juta orang. Dalam lima tahun kita inginkan jadi tujuh juta,” kata dia.

Rizal mengatakan otoritas tersebut akan bertanggung jawab untuk memastikan agar akses ke destinasi wisata memadai. Kemudian, otoritas tersebut juga akan memberikan pendampingan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di kawasan wisata agar dapat berkompetisi di pasar.

“Kita perlu sadari wilayah Indonesia sangat indah, pilihan wisatanya banyak, namun infrastrukturnya tidak memadai,” ujar dia.

Mantan Menko Perekonomian ini mencontohkan, kawasan wisata Danau Toba akan dijadikan pemerintah seperti “The Monaco of Asia”. Otoritas wisata di Danau Toba nantinya akan membenahi sarana perhotelan, infrastruktur perhubungan, dan juga atraksi wisata, agar destinasi Danau Toba menarik minat para wisatawan.

Kemudian, kata Rizal, destinasi wisata Kepulauan Seribu akan dikembangkan agar dapat menjadi alternatif wisata pantai selain Bali.

“Otoritas disana harus membuat pebisnis datang ke Jakarta dan mendapat tempat yang nyaman. Pelabuhannya akan diperlebar, dan ada akses dari Cengkareng ke situ,” papar dia.

Dua destinasi wisata tersebut termasuk dalam 10 destinasi wisata prioritas yang sedang dikembangkan pemerintah.

Delapan destinasi lainnya adalah Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB), Morotai Maluku Utara, Tanjung Lesung Banten, Labuan Bajo NTB, Bromo Tengger Semeru Jawa Timur, Wakatobi Sulawesi Tenggara, Kepulauan Belitung, dan Yogyakarta.

Sumber : Rimanews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here