Ramson Siagian,Anggota DPR-RI Dapil-X Resmikan Sumur Bor Di Pemalang

0
15

BERITAPLATMERAH.COM-PEMALANG – Anggota DPR/ MPR RI  Ramson Siagian, MBA dari Partai Gerindra meresmikan pembuatan dan penggunaan sumur bor bantuan dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI tahun 2015 dengan didampingi perwakilan dari Kementerian ESDM, Camat Petarukan, dan perangkat desa Kalirandu Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang.

Diawali dengan memotong pita sebagai tanda dioperasionalkan sumur bor tersebut. Bung Ramson (panggilan akrabnya) pada Jum’at (13/11) di hadapan  masyarakat Desa Kalirandu, Bung Ramson mengatakan,” sumur bor dengan kedalaman 125 meter  merupakan bantuan dari Kementerian ESDM melalui upaya perjuangan dirinya yang mengusulkan adanya sumur bor tersebut untuk warga Desa Kalirandu Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah yang saat itu mengeluh tentang kurangnya air bersih untuk dikonsumi setiap hari, di mana air bersih yang bersumber dari sumur-sumur  warga yang sudah ada mengandung kapur sehingga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Sekarang keinginan warga sudah terwujud dengan diresmikannya sumur bor ini,” jelas Bung Ramson

Dikatakan juga olehnya dirinya yang merupakan anggota DPR/ MPR RI Dapil X dari Partai Gerindra meliputi Kabupaten Pemlaang, Kabupaten/ Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang selalu berjuang untuk kepentingan rakyat, tidak hanya kepentingan sarana dan prasarana air bersih, berbagai kepentingan rakyat seperti sarana dan prasarana pertanian, infra struktur dan lainnya  berusaha untuk bisa membantu dan mewujudkan keinginan masyarakat. Proses perjuangan yang dilakukan oleh dirinya sebagai sebagai wakil rakyat (Anggota DPR) Komisi 7 yang membidangi sumber daya alam dan mineral serta riset dan teknologi sudah sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang ada. Jika yang diperjaungkan menyangkut infrastruktur maka dirinya akan bekoordinasi dengan DPU pusat, jika infrastruktur tersebut masuk dalam pekerjaan daerah, maka akan melakukan koordinasi dengan DPU Kabupaten/ kota. Untuk sumur bor adalah dibawah tanggungjawab Kementerian ESDM, maka Bung Ramson langsung berkoordinasi dengan Kementerian ESDM  yang kebetulan menjadi bidangnya karena di komisi 7 seperti yang dikatakannya, “Untuk kepentingan rakyat saya rela menghadap ke Pemda atau langsung ke Kementerian untuk mengusulkan project,” jelasnya.
Bung ramson (1)
Senada dengan Bung Ramson, Rudi Suhendar Pejabat yang mewakli Badan Geologi Kementrian ESDM RI menyampaikan,” tahun 2015 ada 100 titik bantuan sumur bor kepada warga yang tersebar di seluruh Indoensia, termasuk salah satunya di Desa Kalirandu Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah ini dan  pada tahun 2016 mendatang atas usulan DPR akan ada banyak sumur bor yang dibuat oleh Kemeneterian ESDM yaitu bertambah menjadi 200 titik, sumur ini berkedalaman 125 meter dan pompa disimpan pada kedalaman 90 meter,” kata Rudi.

Rudi juga menjelaskan, untuk mengoperasionalkan sumur bor tersebut telah terpasang genset sebagai tenaga pompa untuk menyedot air. Genset tersebut menggunakan BBM sebagai penopang sumber tenaganya. Oleh karena itu disamping harus dikelola bagaimana caranya untuk bisa memperoleh bahan bakar untuk menjalankan genset, juga perlu adanya tenaga operator yang mahira,“Nanti akan dilakukan training bagi petugas operator,” jelasnya.

Peresmian sumur bor juga diisi dengan rapat gelar pendapat dari warga yang ingin menyampaikan usulan ataupun keluhan terkait dengan pembangunan di desanya dan langsung dijawab oleh Bung Ramson dengan jawaban yang jelas dan gamplang serta  penuh kekeluargaan. Pada kesempatan itu Bung Ramson juga memberikan bantuan 100 liter per bulan selama 6 bulan sebagai biaya bahan bakar yang diberikan langsung melalui rekening bank milik desa atau pengeola sumur tersebut. “Semoga sumur bor ini bermanfaat dan dapat meningkatkan produktofitas warga Kalirandu dan sekitarnya,” terangnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here