PTUN Kabulkan Gugatan PSSI, Pembekuan Dibatalkan

0
23

Beritaplatmerah.comJakarta – Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta mengabulkan seluruh gugatan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terhadap Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Menurut majelis hakim Ujang Abdullah, Surat Keputusan (SK) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang membekukan kegiatan PSSI tidak sah.

“Dengan putusan ini, pengadilan memerintahkan Menpora untuk mencabut surat keputusan pemberian sanksi terhadap PSSI,” kata Ujang saat membacakan putusan akhir di PTUN Jakarta, Jakarta Timur, Selasa, 14 Juli 2015.

Ujang menjelaskan pengadilan menolak seluruh eksepsi dan pembelaan yang diajukan oleh pihak Kemenpora sebagai tergugat. Menurut dia, dalam penerbitan SK tersebut, Menpora terbukti melanggar asas profesionalitas.

“Dalam SK yang dikeluarkan oleh Menpora tidak disebutkan pasal mana yang dilanggar oleh pihak penggugat. Selain itu, tenggat waktu antara peringatan yang diberikan dan sanksi pun terlalu dekat,” tutur Ujang.

Sebelumnya, saat putusan sela dibacakan pada 25 Mei, PTUN Jakarta mengabulkan gugatan PSSI. Dikabulkannya gugatan tersebut bertujuan untuk menghindari sanksi dari federasi sepak bola dunia (FIFA). Namun FIFA tetap menjatuhkan sanksi.

Kisruh antara PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bermula dari tindakan PSSI yang menyetujui Arema Malang dan Persebaya Surabaya mengikuti Liga Super Indonesia pada 4 April. Padahal, kedua klub tersebut dinyatakan tak lolos verifikasi oleh Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Akibatnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi membekukan PSSI.

Pembekuan tersebut berujung pada sanksi yang diberikan oleh induk sepak bola dunia, FIFA, pada PSSI. Merasa dirugikan, PSSI lantas menggugat Kemenpora melalui pengadilan.

GANGSAR PARIKESIT

sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here