PT.Yakjin Jaya Indonesia Di Demo Ribuan Buruh

0
59

Beritaplatmerah.com – BANDUNG – Dibayang – bayangi oleh kebijakan PHK , ribuan buruh PT Yakjin Jaya Indonesia  yang berlokasi di  Desa Sindangpakuon Sumedang pada hari selasa  ( 26/4/2016 )  melakukan demo dengan cara menutup pintu masuk ketempat mereka biasa bekerja.

Aksi ribuan buruh tersebut dilakukan   sejak pukul 6 pagi hingga 13.00 siang, Pemicu aksi diduga akibat  rencana perusahaan garmen asal Korea tersebut yang  akan  mem-PHK   pekerja yang telah habis masa kontraknya.

Namun hingga berita ini diturunkan, Kepala  Disnaker Kab. Sumedang Iwa Kuswaeri  belum mengetahui jumlah resmi  pekerja yang akan  terkena dampak  PHK tersebut.

Menurut keterangan yang disampaikan Iwa kepada PM  bahwa  “  hal tersebut  baru rencana dan belum ada tindakan resmi dari pihak Perusahaan “ ungkapnya.  Dalam peristiwa ini , Iwa  tidak menyalahkan kebijakan yang diambil oleh PT Yakjin Jaya  karena masalah pekerja kontrak sudah  diatur didalam   UU ketenagakerjaan No 13 tahun 2003. Dimana pekerja yang telah habis masa kontraknya dapat diperpanjang kembali setelah melalui hasil evaluasi dari pihak perusahaan.

(Foto Aston Plat Merah)
Camat Cimanggung Dan Manager PT.Yakjin (Foto Aston Plat Merah)

Dari data yang diperoleh , terdapat  sekitar 100 pekerja PT.YAKJIN yang sudah di PHK, dan terancam di PHK sampai 400 pekerja  tanpa alasan yang jelas. Sementara dalam saat yang bersamaan,  pihak perusahaan garmen asal Korea tersebut merekrut  karyawan baru.  Faktor inilah yang menjadi kekhawatiran para pekerja,   jika  mereka nanti  di PHK  namun tidak ada jaminan untuk kembali diterima.

Hasil temuan PM  dilapangan menunjukan bahwa sistem rekrutmen karyawan di PT YAKJIN juga  dinilai memberatkan dan tidak transparan.

Bukan rahasia , agar dapat diterima menjadi karyawan Di PT YAKJIN Jaya,  biasanya  pelamar harus memberi uang pelicin kepada calo yang di duga  telah  bekerjasama dengan orang dalam perusahaan dengan tarif sebesar   Rp 2 juta untuk  perempun dan 4 juta untuk laki-laki  . bahkan ganjilnya,  jika pelamar memiliki paras  cantik walaupun tidak berpengalaman tetap akan di rekrut.

( Hendrik / Goeltom/ Deden )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here