Proses Lelang Proyek di Nias Utara Diminta Sesuai Prosedur

0
4

Nias Utara (Sumut) – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) MITRA, (Monitoring Independen Transparansi Anggaran) meminta Unit Pelaksana Lelang (ULP) Nias Utara benar-benar memproses pelaksanaan lelang dengan sistem layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) dimana LSM MITRA menilai peluang terjadi nya kecurangan dalam memenangkan peserta lelang melalui LPSE ini cukup besar.

Hal tersebut jangan sampai terjadi dalam memenangkan peserta lelang karena peluang terjadinya kecurangan cukup besar.

“LSM MITRA meminta kepada panitia lelang agar melaksanakan sesuai prosedur saja dan tidak berat sebelah. Bagusnya Objektif saja,” kata Ketua LSM MITRA Nozama Zega kepada Awak Media.

Menurut Nosama Zega, saat ini pemerintah Kabupaten Nias Utara sedang menjaring peserta lelang melalui LPSE. Adapun proyek yang sedang dilelang, seperti lanjutan pembangunan jembatan Sawo kecamatan Sawo, untuk informasi lelang dan status penawaran saat ini di menangkan oleh PT. GUNUNG TABOR, maka yang perlu diwaspadai sistem LPSE.

“Sah sah saja dilakukan hanya saja kecurangan tetap dapat terjadi setelah adanya kong kalikong kepada panitia lelang,” ungkapnya.

Nozama Zega menduga modus kecurangan lelang proyek pada LPSE memang belum terungkap tapi sudah mulai tercium yaitu dengan cara mengurangi bandwidth atau kapasitas server.

“Dalam modus tersebut peserta lelang akan kesulitan untuk mengupload dokumen penawaran, kalaupun peserta sudah mengunggah dokumen penawaran mereka akan cacat dan ujung ujungnya tidak menang. Untuk pemenang yang sudah ditentukan panitia lelang mereka diberi kode agar mengupload dokumen pada jam tertentu,” ungkapnya.

Ditegaskannya, untuk mengantisipasi hal yang akan terjadi ini LSM MITRA (Monitoring Independen Transparansi Realisasi Anggaran) akan mengawasi selama proses lelang berlangsung jika ditemukan kejanggalan maka LSM MITRA siap meneruskan ke kepolisian atau ke Kejati Sumatera Utara. (Anuari/Yulianus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here