PRESIDEN RI ADALAH MARTABAT DAN KEHORMATAN BANGSA YANG PATUT DILINDUNGI

0
12

BERITAPLATMERAH.COM-JAKARTA-Terkait dengan pro dan kontra publik tentang pengajuan kembali pasal penghinaan Presiden oleh pemerintah.Dr.Rahman Sabon Nama kepada Plat Merah mengatakan bahwa presiden Indonesia adalah martabat bangsa,maka patut rakyatnya menjaga dan melindunginya.

Sebagai contoh negara Jiran Brunai Darusalam sangat menghormati dan melindungi Sultannya ,apabila ketahuan rakyatnya menggunakan gambar sultan Brunai sebagai bungkusan kacang  atau gambarnya diinjak dijalan saja dikenakan hukuman. Menurut saya pantas  presiden harus dilindungi kehormatannya oleh rakyat Indonesia.Dan saya sangat setuju
berkaitan dengan pengajuan kembali RUU KUHP tentang Penghinaan Presiden, ada beberapa Referensi :

1) Pasal 36a UUD 1945 lambang negara hanya Garuda Panca Sila/Bhinekka Tunggal Ika,dan Presiden tidak termasuk,
2) Mahkamah Konstitusi  pada tahun 2006 membatalkan pasal 134, 136 bis dan 137 KUHP tentang Penghinaan Presiden.
3) Pada  masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono 2010-2014 diajukan kembali yaitu pasal 263 RUU tentang Penghinaan Presiden/Wapres dapat dipidana 5tahun , namun dalam pasal berikutnya jelas menjelaskan bukan penghinaan bila untuk kepentingan umum. Berkaitan dengan fakta2 tersebut, ada upaya2 untuk mendiskreditkan Presiden/Wakil Presiden.

Kabinet Kerja sekarang secara sistematis,menyampaikan  Rekomendasinya:
1) pengajuan pasal penghinaan bukan dlm kaitan dg lambang negara tetapi  berkaitan dengan penghargaan, perlindungan dari pencemaran nama baik maupun fitnah kepada Presiden/Wakil Presiden, agar jangan sampai setiap orang dengan semena2 dengan alasan demokrasi  mencemarkan/memfitnah Presiden/Wapres sehingga dapat menimbulkan instabilitas.
Sehingga perlu dilanjutkan dengan bahasa yg lebih jelas teentang pengertian penghinaan yang dimaksud,
2) Kementerian terkait perlu melaksanakan sosialisasi dan pemahaman tentang usulan tersebut.
3) Kemenkumham agar melaksanakan koordinasi dg Komisi III DPR.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here