“POLRI Tuan Rumah Konfrensi Aseanapolke 35

0
42

BERITAPLATMERAH.COM-JAKARTA-Dalam Rangka Konfrensi Aseanapol (Polisi Asean) Yg  ke 35,Kepolisian Negara RI dipercayakan sebagai Tuan Rumah di Hotel Borobudur Jakarta tgl 3-7 Agustus 2015.Dengan Mengambil Thema “Ensuring Stronger Relationship for Peace.Security and Stability Of The Region”.(Menciptakan Hubungan Yg lebih erat Dan Harmonis Dalam Rangka Menciptakan perdamaian keamanan dan Kestabilan di Kawasan Asean).
Sejak terbentuknya Aseanapol pada Thn 1981.Polri telah lima kali menjadi Host dalam rangka Penyelenggaraan Konprensi Aseanapol).

SOLO3
Dewan Redaksi Berita platmerah Drs Solon Sihombing berpose di Media Center Aseanapol ke 35 di Hotel Borobudur Jakarta.Yang dibuka Wapres Jusuf Kalla Kemaren ( Senin 3 Agustus ).

Maksud dan Tujuan dari pelaksanaan Konfrensi Ini adalah untuk Meningkatkan Profesinalisme kerjasama Regional yang lebih erat serta berhubungan baik antar sesama kepolisian dalam rangka pemberantasan kejahatan Lintas Negara.
Sebagai Hasil dan tindak lanjut kerjasama dalam Kerangka Aseanapol selama ini,telah banyak capaian positif yg telah diperoleh, baik dibidang operasional dan  pertukaran informasi dalam hal pengungkapan Kasus Kejahatan maupun kerjasama dlm Pengembangan kapasitas personel.

Namun dalam pelaksanaanya masih juga ditemukan beberapa hambatan Teknis.Seperti dalam Kerjasama penyelesaian Kasus Kejahatan Lintas negara.Yang sering terkendala dalam sistem Hukum yg berbeda masing-masing Negara.
Melalui Forum Aseanapol Perbedaan Tersebut dpt dikomunikasikan berkat adanya Kesatuan tekad dan Komitmen Mendukung Kepentingan kawasan dan selama tidak bertentangan degan Kepentingan Nasional masing-masing negara Anggota.

Konfrensi ini dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dan dihadiri oleh 10 Kepolisian Negara Anggota Asean Yaitu: Malaysia,Thailand ,Vietnam,Singapore,Philipina,Brunei Darulsalam.Myanmar,Laos,Kamboja dan Juga Indonesia.Selain itu juga dihadiri oleh enam Negara Mitra Wicara (Dialogue Partner).Yaitu : Tiongkok,Australia,Rusia,New Zealand,Korea Selatan.dan Jepang Serta dua Organisasi Regional/Internasional yaitu ICPO-Interpol dan Asean Secretariat. dan beberapa negara Peninjau (Observer)seperti  Timor Leste,Turki  dan United Kingdom.Oraganisasi Regional Kepolisian di Eropah( Europol) Serta Aseanapol Seretariat.

Isu-isu Strategis yang akan dibahas dlm konfrensi ini Adalah penanganan bersama berbagai macam jenis kejahatan yg meresahkan masyarakat Asean dan dunia sepertipPeredaran gelap,dan penyalah gunaan narkotika,Terorisme,human trafficking.arm smuggling people,kejahatan maritim,kejahatan perbankan.cyber crime,kejahatan dokumen perjalanan dan kejahatan transisional lainnya.

Selain Itu juga  akan dibahas kerjasama dlm rangka peningkatan kapasitas kemampuan personel melalui pertukaran peserta program pelatihan dan pendidikan pada masing-masing Kepolisian Negara.

Rangkaian kegiatan konfrensi terdiri dari pembukaan oleh Wapres Jusuf Kalla,dilanjutkan dengan sidang pleno 1.Pertemuan para ketua delegasi sidang komisi A.B.dan C.Working Group 1 dan 2 serta Sidang Pleno ke 2 dan diakhiri dengan acara penutupan diakhiri dgn penanda tanganan Joint Communique.

Wapres Jusuf Kalla dalam pembukaan menyampaikan beberapa penekanan  antara lain “Perlunya Penguatan Tekad dan komitmen serta kerjasama yg baik dari para penegak hukum dikawasan Asean dalam mengantisipasi berbagai kejahatan Transisional seperti narkoba.human trafficking.,terrorisme dan kejahatan lainnya dlm rangka tercapainya keamanan dan stabilitas dikawasan.

Dua poin penting yang harus dibahas dalam konprensi ini yaitu : Peningkatan Kerjasama di bidang operasional dan peningkatan kemampuan dan kapasitas personel.
Agenda acara lainnya adalah : Kunjungan ke Istana Cipanas,kunjungan kebeberapa pusat wisata,diantaranya ke Grand Indonesia dalam rangka promosi kerajinan batik dan turnament golf antar sesama pimpinan delegasi Aseanapol.

(By Solon Sihombing).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here