Pesantren Darul Hikam Sosialisasi Zakat lewat Pengajian Kitab

0
10

Beritaplatmerah.com-Jember-Minimnya kesadaran dan pemahaman zakat di masyarakat menjadikan Pondok Pesantren  Darul Hikam Mangli, Kaliwates , Jember, Jawa Timur, aktif turut menyosialisasikan ketentuan rukun Islam ketiga itu.

Di antara langkah ang ditempuh adalah menyelenggarakan pengajian kitab seputar zakat karya Katib Syuriyah PCNU Jember MN Harisudin untuk para santri dan masyarakat umum. Kitab berjudul “Fiqh az-Zakat Litaqwiya Iqtishad al-Ummat” ini berisi hal-hal yang wajib diketahui tentang zakat, mulai definisi, tujuan, hikmah, macam-macam zakat, mustahiq, nisab, hingga tata cara pembayaran zakat.

Dengan cara ini, santri Darul Hikam yang berasal dari Jember, Probolinggo, Lumajang, Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso, dapat menyosialisasikannya kembali kepada masyarakat lebih luas ketika mereka kembali ke daerah masing-masing.

Pengajian yang digelar sejak tanggal 9 hingga 22 Ramadhan di aula Pesantren Darul Hikam ini diikuti 50 lebih santri setempat dan masyarakat umum di Kabupaten Jember.

“Ujung-ujungnya, saya ingin selain santri yang rata-rata mahasiswa IAIN Jember ini tahu tentang zakat, mengamalkan tentang zakat, dan juga membuat lembaga amil zakat di sini. Biar mereka bisa mempraktikkan apa yang mereka ketahui,” kata MN Harisudin, yang juga Dosen Pascasarjana IAIN Jember.

Sebagai ajaran Islam, zakat memang tidak cukup diketahui, namun juga harus dipraktikkan. Ini sangat penting, apalagi karena perolehan zakat di Indonesia, masih kurang dari 3 % dari total potensi zakat yang dapat digali, yaitu 200 triliun. Harapannya, dengan pengajian kitab ini, masyarakat semakin sadar tentang kewajiban zakat, perolehan zakat pun juga meningkat dan umatpun akan menjadi sejahtera, bermartabat dan beradab. (Anwari/Mahbib)

nu oline

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here