Perusahaan Asing Hengkang,”Fuad Bawazir Bantah Akan PHK Besar-Besaran”

0
27

Beritaplatmerah.com-Jakarta-Hengkangnya beberapa perusahaan asing dari Indonesi membuat beberapa pakar berspekulisi akan terjadinya PHK besar-besaran yang akan berdampak terhadap ekonomi indonesia.

Menganggapai hal tersebut,”Mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier  ,membantahnya dan mengatakan bahwa perusahan asing yang menutup ataupun yang merelokasi pabriknya di Indonesia tidak semuanya benar,Fuad mengatakan bahwa hal ini  sebenarnya juga  terjadi di negara-negara lain,hala tersebut lebih dibebakan beberapa faktor antara lain:

1). Mereka kalah dalam persaingan globàl dengan  pendatang baru,misalnya bisnis elektronik Jepang mulai kalah bersaing dengan Korea.

2).Akibat perjanjian perdagangan Free Trade yg bersifat regional maupun internasional, sehingga perusahab atau pabrik asing harus  merelokasi pabriknya agar bisa meningkatkan efisiensi dan  punya daya saingnya, untuk mencapai skala ekonomi yang lebih efisien.

3).Karena berlakunya MEA maka perusahan yang semula satu pabrik di tiap negara ,karena dengan pertimbangan pajak,maka kini cukup SATU PABRIK saja untuk  negara Asean.

4).Reposisi/relokasi2 ini dianggap tepat dilaksanakan sekarang “mumpung” ekonomi dunia sedang melambat atau turun.

5).Negara yang paling banyak diuntungkan adalah dimana punya daya saingn yang tinggi dan kebijakan ekonomi negaranya tepat sasaran.

Untuk itu, mantan Dirjen Pajak di Era Orde baru tersebut Berharap dan berpesan  agar pelaku ekonomi tidak perlu panik dan mengajak rakyat untuk ikut mendukung program pemerintahan Jokowi.”Pelaku ekonomi jangan terlalu berlebihan  menyikapi hal tersebut,jangan panik,kita harus dukung program Jokowi.”Tungkasnya kepada Platmeerah Jakarta,5/2-2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here