Pernikahan Massal di Gereja Unifikasi Korsel

0
23

Seoul, – Ribuan pasangan ikut serta dalam pernikahan massal yang digelar oleh Gereja Unifikasi Korea Selatan (Korsel) yang didirikan oleh mendiang pendeta Sun Myung Moon. Pernikahan massal tersebut diikuti oleh 3 ribu pasangan dari 62 negara.

Pernikahan massal ini digelar di stadion raksasa CheongShim Peace World Center di Gapyeong, sekitar 75 km timur laut ibukota Seoul. Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (20/2/2016), seremoni akbar ini diikuti oleh 1.000 pasangan baru dan 2.000 pasangan yang telah menikah.

Pasangan yang telah menikah, mengikuti seremoni ini karena mereka menikah sebelum bergabung dengan gereja tersebut, dan ingin mengucapkan kembali janji pernikahan mereka sebagai anggota gereja.

Janda Moon, Hak Ja Han Moon memimpin seremoni yang berlangsung tiga jam tersebut. Tradisi pernikahan massal ini telah digelar dan menjadi ciri khas gereja tersebut sejak awal tahun 1960-an silam.

Awalnya hanya puluhan pasangan yang mengikuti pernikahan massal ini. Namun angkanya membengkak dalam beberapa tahun. Pada tahun 1997 silam, sekitar 30 ribu pasangan mengikuti pernikahan massal yang digelar Gereja Unifikasi ini di Washington, AS. Dua tahun kemudian, sekitar 21 ribu pasangan memenuhi gedung Stadion Olimpiade di Seoul untuk mengikuti pernikahan massal.

Gereja ini didirikan Moon pada tahun 1954. Moon meninggal pada tahun 2012 lalu di usia 92 tahun karena menderita komplikasi pneumonia.

Mendiang Moon merupakan sosok yang sangat dihormati oleh para pengikutnya. Namun dia dikecam oleh para kritikus sebagai penipu yang mencuci otak para anggota gerejanya. Dia pernah mendekam di penjara Amerika Serikat karena kasus penggelapan pajak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here