Perempuan Tani HKTI Dukung Program Biosolution untuk Peternakan Ayam Sehat

0
8

Beritaplatmerah | Cianjur – Ketua Perempuan Tani HKTI Dian Novita Susanto didampingi Bendahara dan anggota Perempuan Tani lainnya melihat-lihat kandang ayam milik Zaenal.

Zaenal adalah warga biasa yang menjalankan program biosolution enzact (enzym activation) untuk peternakan ayam sehat. Dia bertempat tinggal di kampung Bunipasir Meleber, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Inovasi ini menjadi daya tarik Perempuan Tani HKTI untuk melakukan observasi dalam rangka pengembangan Program Kerja Perempuan Tani secara nasional.

“Dengan luas sekitar 20 meter mampu menampung sekitar 50 ayam dengan penataan yang baik,” ujar Zaenal.

Keunggulan dari program ini adalah Kandang ayam bersih/tidak kotor, tidak bau, ayam yang sehat, daging yang berkualitas bahkan ayam tersebut mampu menghasilkan telur yang bisa langsung dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu. Hebatnya lagi, dengan program biosolution ini, dari 20 ayam petelur mampu menghasilkan sekitar 14 butir setiap hari.

Sebagai program andalan Perempuan Tani, Program Biosolution ini kedepannya akan terus dijalankan sebagai pengembangan kualitas sekaligus perekonomian masyarakat.

“Perempuan Tani selalu berupaya berinovasi, turun ke pedesaan untuk pertanian dan peternakan,” kata Dian.

Dengan adanya Program Biosolution ini, lanjut Dian, pihaknya berharap perempuan-perempuan Indonesia mampu mandiri dengan beternak ayam sehat dan untuk menopang perekonomian keluarga.

“Nantinya sistem pemberdayaan ini akan menciptakan iklim usaha yg sehat di lingkungan dan finansial keluarga demi terciptanya kesejahteraan keluarga,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here