“Pengerjaan Jalan di Kec Lotu Asal-Asalan ,DPRD Kabupaten Nias Utara Diminta Turun Tangan.”

0
11

Beritaplatmerah.com, Nias, Sumatera Utara, – Proyek pekerjaan jalan menuju kantor Bupati, berlokasi di Desa Fadoro Fulolo, Kecamatan Lotu, Kabupaten Nias patut dipertanyakan karene proyek yang menggunakan anggaran miliyaran rupiah tersebut  tidak dilengkapi papan proyek,padahal proyek tersebut setiap hari dilinatasi pejabat pemerintah Kab Nias Utara

Hal ini menjadi bahan pembicaraan ditengah-tengah masyarakyat sekitar lokasi proyek.Masyarakyat sangat menyayangkan karena proyek tersubut sudah berminggu-minggu dikerjakan tanpa papan informasi,Bahkan cara pengerjaannya diduga asal-asalan. Sementara anggaran yang digelontorkan negara untuk proyek tersebut  kurang lebih  10 miliar, hal ini sangat meresahkan masyarakat. “lebih baik proyek itu dihentikan karena tidak ada pengawasan, hanya menghamburkan keuangan Negara dan menguntungkan pribadi dan kelompok tertentu”, kata Yason Harefa tokoh masyarakat setempat.
“Tammbah Yosan,”Perlu diketahui bahwa proyek dimaksud, seharusnya sudah dimulai pada bulan Oktober 2015 lalu, namun sampai tanggal 31 Desember tahun 2015 masih belum dikerjakan, ” baru dimulai pada tanggal 03 Januari 2016 tanpa papan informasi sampai sekarang.
Ditempat terpisah,”Bazatulo Zega Sekertaris DPK LSM LAKRI Kabupaten Nias Utara mengatakan, bahwa kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut sudah bisa dianggap  nakal dan  diduga  melanggar Kepres No. 80 Tahun 2003 tentang pedoman pelaksanaan pengadaan barang / jasa Pemerintah, diwajibkan untuk memasang papan nama proyek.
“Lanjutnya, kontraktor juga telah mengkangkangi Undang – Undang RI No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Infomasi Publik (KIP) Pasal 15 Huruf (d). Adanya konspirasi terselubung kontraktor dan PPK. Ia juga meminta kepada DPRD Kabupaten Nias Utara untuk pro aktif dalam pengawasan supaya rekanan tidak mengerjakan sesuka hatinya demi kerpentingan masyarakat Nias Utara.”ujarnya
Pantauan Tim Platmerah dilapangan, Kamis (28/01/2016)  proyek proyek jln tersebut  sangat memprihatinkan sekali karena dikerjakan asal jadi saja. Disamping kualitas proyek tidak bermutu dan juga bahan material yang sembarangan bahkan bercampur lumpur. (yh/pm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here