Pemilik Akun Ria Siregar Dikabarkan Ditangkap Polisi Terkait Ujaran Kebencian

0
21

Jajaran Polresta Barelang, Batam, dikabarkan menangkap pemilik akun Facebook atas nama Ria Siregar alias Roria Agustina Siregar, Senin 14 Mei 2018 dini hari. Ia ditangkap karena diduga menyebarkan tulisan di facebook (Status) yang mengundang unsur kebencian menyangkut Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan (SARA) terkait kejadian bom di Surabaya.

Kabar tersebut beredar luas di media sosial facebook dan twitter pada hari ini, Selasa 15 Mei 2018.

Berikut isi statusnya yang sudah discreenshoot oleh warganet:

Salah seorang pemilik akun facebook bernama Surya Bone memposting penangkapan itu dengan dilengkapi tiga buah foto yaitu surat dimulainya penyidikan perkara (SPDP), Screenshoot Foto Profil atas nama Ria Siregar, dan foto yang diduga proses penyidikan.

Selain itu,  Surya Bone juga melengkapi ketiga foto itu dengan caption sebagai berikut:

Alhamdulillah penyebar kebencian Agama Islam di Sosmed atas nama Ria Siregar Alias Roria Agustina Siregar telah di tangakp jajaran polresta Barelang di Kos kosanya di Sagulung tadi malam dini hari pukul 02,00 Wib, dan skrg Berlanjut Saksi Utk BAP Yg di Wakili Uzt Basyir Dg Passabbi bersama kami di Reskrim Unit 5 polresta Barelang, di mohon Kpd Saudara Saudari tdk lagi melakukan pengejaran terhadap si Tersangka Ria SiRegar, kami atas nama Tokoh Masyarakat Kota batam mengucapkan Trimakasih kpd Jajaran polresta Barelang yg telah Bekerja Keras Demi menjaga keAmanan dan ketertiban Khususnya Kota Batam

 

Alhamdulillah penyebar kebencian Agama Islam di Sosmed atas nama Ria Siregar Alias Roria Agustina Siregar telah di…

Posted by Surya Bone on Monday, May 14, 2018

Selain di Facebook, ternyata di tweeter juga ramai beredar mengenai status (penulisan) yang diposting oleh pemilik akun Ria Siregar. Salah satunya seperti yang diposting oleh Uda Tamburin (@laskar_minang) yang mencuit 4 (empat) buah foto berupa screenshoot Foto Profil atas nama Ria Siregar, Foto Kartu anggota perawat atas nama Roria, screenshoot status di facebook atas nama Ria Siregar, dan sebuah foto yang diduga milik Ria Siregar. Keempat foto tersebut juga dilengkapi caption sebagai berikut:

Cari.. Lagi panas nya penuduhan Pengeboman 3 gereja di surabaya Umat islam terlibat dalam fitnah iini Dan sampai mencaci maki umat islam IDENTITAS pembuat setatus NAMA : RORIA TInggal Di Batam Pekerjaan : Perawat elizabert Batam kota

Berdasarkan hasil penelusuran, ternyata status yang diduga mengundang unsur kebencian atau SARA yang ditulis oleh pemilik akun Ria Siregar di Facebook ternyata sudah ditemukan, diduga sudah dihapus. Namun jejak digitalnya masih tersebar di media sosial. hal ini diduga para warganet/nitizen menscreenshoot sebelum postingan tersebut dihapus.

Terkait hal ini, belum ada keterangan resmi dari pihak yang berkompeten, dalam hal ini kepolisian maupun pemilik akun tersebut.

Belakangan diketahui, jajaran Sat Reskrim Polresta Barelang menangkap Ria Siregar, terduga penista agama, di kawasan Batamkota, Minggu (13/5) malam, dikutp Batam Pos.

Sebelumnya, Ria dilaporkan oleh sejumlah masyarakat Batam atas dugaan penistaan agama. Pelaku membuat postingan di akun Facebooknya karena merasa kesal atas aksi bom bunuh diri yang menyerang tiga gereja di Surabaya.

Sejak postingan itu, para pengguna media sosial Facebook di Batam sudah heboh dengan postingan Ria tersebut. Postingan Facebook yang telah dihapusnya itu dianggap provokatif dan dianggap menghina umat islam.

Saat ditemui di Mapolresta Barelang, Ria mengaku menyesali atas postingan di Facebooknya itu. Ia mengaku kesal dengan aksi pengeboman di tiga gereja itu. Namun, kekesalannya itu justru mengarah kepada agama islam.

“Saya tidak bermaksud mau menghina agama lain. Ternyata saya salah. Statusnya sudah sempat saya hapus, tapi sudah tersebar kemana-mana,” aku Ria.

Hingga kemarin ia masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik Unit PPA (Pelayanan Perempuan dan Anak) Sat Reskrim Polresta Barelang atas pelanggaran Undang-Undang ITE.

Kasat Reskrim Polresta Barelang AKP Andri Kurniawan membenarkan penangkapan terhadap Ria. Hingga kemarin, Ria masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik. Saat dikonfirmasi lebih jauh, Andri belum bisa membeberkannya.

“Kami mintai keterangannya dulu. Pengakuannya dia khilaf. Tapi nanti akan kita dalami lagi,” ujarnya singkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here