Netizen Kumpulkan Dana Untuk Rio ke Formula 1

0
27

Jakarta – Untuk pertama kalinya, Rio Haryanto membuka kesempatan besar bagi Indonesia tampil di ajang balap jet darat Formula 1.
Namun untuk memuluskan rencana ini dibutuhkan dana besar. Sembari menunggu uluran tangan pemerintah, netizen pun ramai-ramai urunan dana.

Kalau di luar ada yang namanya kickstarter, maka Indonesia punya situs pengumpulan dana bernama kitabisa.com. Inisiatif pengumpulan dana ini sepertinya dicetuskan oleh fans Rio yang mengatasnamakan sebagai Sahabat Rio.

Namun target yang ditetapkan sangat besar dan terbilang mustahil dicapai, karena mencapai Rp250 miliar. Sedangkan batas waktunya hanya 10 hari dari sekarang (12/2/2016). Meski demikian target itu nyatanya tak menyurutkan minat netizen untuk ikut ambil bagian. Sampai pukul 16.15 sore ini tercatat sudah terkumpul Rp 152.056.726 untuk Rio.

Rio sendiri ditargetkan bisa menyetor sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp 229 miliar ke tim Formula 1 Manor Motorsport yang sudah menyiapkan satu jok di balapan Formula 1 untuk dirinya. Sejatinya saat ini manajemen Rio sudah berhasil mengumpulkan dana sekitar 5,2 juta euro yang diperolehnya dari Pertamina, dan sebesar 6,5 juta euro dari Kemenpora.

Namun karena birokrasi berbelit kabarnya dana dari Kemenpora tertahan, sementara pihak Manor Motorsport meminta Rio membayar uang muka 3 juta Euro pada Jumat (5/2/2016) lalu. Sedangkan Pertamina baru mau mencairkan dana setelah Rio memastikan posisinya di Manor Motorsport.

Meski sebenarnya sudah lewat tempo pembayaran uang muka, sepertinya Manor masih memberi kesempatan ke Rio sampai pekan depan. Kemenpora sendiri mengatakan nasib Rio ke Formula 1 ditentukan pada Selasa besok (16/2/2016).

Di sisi lain, di belakang Rio sudah menunggu pembalap dari negara lainnya yang siap mengambil alih posisinya. Ironisnya pembalap tersebut sudah siap dengan dana yang diminta Manor. Namun melihat hasil tes yang menjanjikan, Manor sepertinya masih berharap Rio yang bisa duduk di salah satu mobil andalannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here