Mudik Bareng BUMN 2018, PTBA Sediakan Moda Transportasi Gratis Untuk 2.000 Pemudik

0
6

TANJUNG ENIM (SUMSEL) – Pelepasan bus-bus “Mudik Bareng BUMN 2018” secara serentak, sabtu (9/5/2018) pagi dilepas langsung oleh Menteri BUMN, Rini M Soemarno dengan disaksikan oleh para Dirut BUMN di Jakarta, dengan menyediakan 2 buah bus dengan keberangkatan dari Ancol dan dari Menara Kadin Indonesia. Kedua bus ini menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sementara, PT Bukit Asam atau PTBA Tbk memberangkatkan sebanyak 12 bus untuk pemudik dari Jakarta, Bandar Lampung, dan Tanjung Enim, Sumatera Selatan dalam Mudik Bersama BUMN 2018. Khusus di kantor pusat Tanjung Enim sendiri, PTBA menyediakan sebanyak 6 buah bus dengan tujuan Padang, Yogya dan Solo, dengan total 274 pemudik, yang dilepas oleh Direktur Operasi dan Produksi PTBA, Suryo Eko Hadianto, serta didampingi Asisten II Sekda Kabupaten Muara Enim, Amrullah Djamaluddin SE  dan Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono SH SIK MH.

Dalam sambutannya Suryo Eko menjelaskan bahwa dalam kegiatan “Mudik Bareng BUMN 2018” yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN menjelang lebaran Idul Fitri pada tahun ini PTBA turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan menyediakan moda transportasi bus, kereta api, dan kapal ferry, dengan secara keseluruhan PTBA memberangkatkan lebih dari 2000 pemudik dari 4 lokasi keberangkatan yang berbeda yaitu Jakarta, Merak Banten, Bandar Lampung, dan Tanjung Enim.

“Jadi PTBA menyediakan sebanyak 17 buah bus untuk pemudik dengan rincian 7 bus berangkat dari Jakarta menuju kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur, 2 bus berangkat dari Bandar Lampung, yang diberangkatkan dari Kantor PTBA Tarahan, menuju Jogyakarya dan Solo, 1 bus berangkat dari Bandar Lampung dengan tujuan Padang, 5 bus berangkat dari Tanjung Enim menuju Yogyakarta dan Solo serta 1 bus berangkat dari Tanjung Enim menuju Padang,” ujarnya.

Selain itu lanjut Eko, PTBA juga menyediakan 3 buah gerbong kereta untuk kegiatan “Mudik Bareng 2018”. Ketiga gerbong ini terdiri dari 1 gerbong KA Majapahit dari Jakarta menuju Malang dan 2 gerbong KA Gajahwong dari Jakarta menuju Yogyakarta. Untuk moda kereta api ini kata Eko akan diberangkatkan pada Minggu, (10/6/2018), untuk tujuan Malang dan hari Rabu (13/6/2018), untuk tujuan Yogyakarta.

Ditambahkannya, selain bus dan kereta api, PTBA juga menyediahkan moda transportasi kapal ferry yang akan mengangkut 1000 pemudik dari Pelabuhan Merak Banten menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung. Para pemudik dengan menggunakan kapal ferry ini telah diberangkatkan pada Kamis (7/6/2018).

Sementara itu, Asisten II Sekda Kabupaten Muara Enim, Amrullah  mewakili Bupati Muara Enim mengucapkan terima kasih kepada pihak PTBA yang telah menyediakan moda trasportasi gratis dalam kegiatan Mudik Bareng 2018 ini.

“Dalam kesempatan ini, juga mengharapkan terutama kepada pihak pelaksana Mudik Bareng BUMN 2018 ini, agar apa yang kita laksanakan ini benar-benar merupakan ibadah. Karena setiap yang kita laksanakan dalam bulan puasa ini, insaAllah merupakan ibadah dan akan membawa berkah diakhirat nanti,” ucap Amrullah yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Dispenda Kabupaten Muara Enim ini.

Asisten II Sekda Kabupaten Muara Enim, Drs Amrullah saat memberikan sambutan mewakil Bupati Muara Enim

Amrullah juga menyampaikan, bila memungkinkan agar peserta Mudik Bareng ini tetap di monitor, dan dipastikan yang ikut dalam Mudik Bareng ini benar-benar sampai di tujuan.

“Bapak Kapolres bersama jajarannya akan membantu kesulitan apabila terjadi sesuatu halangan dijalan. Diharapkan juga kepada semua peserta mudik bareng ini, bahwa adanya hal yang dicapai yaitu ingin berlebaran bersama keluarga dikampung halaman. Nah, untuk mencapai lebaran ini kita harus melaksanakan puasa Ramadhan.
Kami mendoakan selama perjalanan mudik puasa tetap berjalan, ibadah tetap dilaksanakan, dan keselamatan dapat terjamin sebagaimana mestinya,” harapnya.

“Dan kepada Allah kita sama-sama berdoa, apa yang kita cita-citakan dan apa yang kita laksanakan ini terwujud dengan sebaik-baiknya,tanpa ada hal-hal yang menghalangi. Kebagian bapak ibu pulang kampung, merupakan kebahagiaan juga bagi kami pemerintah Kabupaten Muara Enim beserta jajaran,” tutup Amrullah. (Aldo DJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here