Mohammad Taufiq Budi Minta Orang Tua Luangkan Waktu Untuk Anak

0
2

PURWAKARTA – Untuk Orang tua harus meluangkan waktunya minimal 15 menit dalam sehari untuk bertatap muka dengan anak-anak mereka. Waktu berkualitas itu, selain bertatap muka juga terpenting orang tua bisa membacakan sebuah buku yang cocok dengan bacaan seusia anak mereka.

Hal tersebut disampaikannya Penjabat Bupati Purwakarta Mohammad Taufiq Budi Santoso dalam acara “Literasi Untuk Anak Negri” dan Pencanangan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan buku, yang dihelat di Taman Maya Datar dan Pendopo, komplek kantor Pemerintahanan Kabupaten Purwakarta, Minggu 6 Mei 2018.

“Setelahnya membacakan buku, orangtua dapat menjelaskan maksud dari isi bacaan itu dikaitkan dengan pengalaman anak mereka dalam kehidupan dunia diluar keluarga yang mereka alami,” ujar Taufiq.

Sehingga, lanjut Taufiq, sharing ilmu dalam buku dengan pengalaman hidup anak akan mengarahkan mereka pada penilaian mana sikap yang mesti dilakukan dan tidak mesti dilakukan.

“Kegiatan membacakan buku ini sangat penting, guna menangkal pengaruh informasi luar yang didapatkan anak yang bersumber terutama dari gadget yang informasinya tak bisa dikontrol,” jelasnya.

Jadi penting, tambah dia, luangkan waktu mengamati anak, membacakan buku dihadapannya anak. Karena Orang Tua merupakan faktor utama dikeluarga.

“Karena itu, tantangan kita sangat besar di era milenial dan digitalisasi ini, media sosial melalui gadget sudah tak bisa dipisahkan dengan anak-anak kita, makanya harus ada penangkalnya,” kata Taufiq

Gerakan membacakan buku di hadapan anak, menurut Taufiq perlu disosialisasikan dengan maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat. Sarana untuk mendukung gerakan itu pun perlu dilengkapi.

“Mari kita gelorakan dan sosialisasikan gerakan yang baik ini (Gernas Baku) secara luas ditengah-tengah masyarakat. Pirantinya, buku-bukunya dan termasuk perpustakaan mini dan taman baca harus bisa dijangkau masyarakat hingga pedesaan,” tegas Taufiq.

Tambah dia, Gerakan Literasi sangat berkaitan dengan membaca dan menulis. Gerakan literasi dimulai dari Keluarga, orang tua bersama anak-anaknya melaksanakan gerakan membaca termasuk disekolah, tempat kerja serta di ruang publik.

“Gerakan Nasional Orang Tua membaca Buku (Gerna Baku) yang telah diresmikan 5 mei 2018 lalu, perlu dilaksanakan secara nyata. Jadi mari Luangkan waktu 15 menit setiap hari untuk keluarga membaca,” pungkasnya.

Diketahui, acara tersebut diisi dengan baca buku bersama, berbagai pameran buku-buku dari Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Purwakarta, yang dilanjutkan dengan konser literasi dan musik bersama Ferry Curtis and Friends, Ali Novel, Rudy Aliruda dan Penggiat literasi lainnya. (Gin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here