guna-kepentingan-penyidikan-setya-novanto-ditahan-selama-20-hari_c_169502

MKD Ada Rencana Panggil KPK Terkait Etik Setnov

BERITAPLATMERAH, JAKARTA-— Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) membuka peluang meminta keterangan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menyelidiki dugaan pelanggaran etik Ketua DPR Setya Novanto.

Wakil Ketua MKD Sarifuddin Sudding mengatakan, permintaan keterangan dari KPK dilakukan sebagai bagian dari koordinasi menindaklanjuti laporan atau kasus yang menyangkut etika anggota DPR.

“Setiap MKD menerima satu kasus, selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk diminta keterangan. Bisa saja nanti kami meminta keterangan KPK,” ujar Sarifuddin di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (21/11).

litikus Hanura ini, tidak memungkiri Setnov dicopot dari jabatannya. Meski demikian, pergantian itu harus dilakukan dalam beberapa tahap.


Salah satunya lewat keputusan MKD dari hasil rapat konsultasi dengan seluruh pimpinan fraksi di DPR yang sedianya dilakukan hari ini.

“Dari pandangan-pandangan itu nantinya MKD akan ambil suatu keputusan dan akan merekomendasikan pada fraksi Golkar untuk ditindaklanjuti,” ujar Sarifuddin.