Menko Rizl Ramali:Pejabat Indonesia Gampang Disuap ,Freeport Rugikan Negara Triliunan Rupiah

0
31

Beritaplatmerah.com-Jakarta-Menko kemaritiman   Rizal ramli mengkritk keras kebijakan pemerintah yang memberikan kelonggaran selama bertahun-tahun kepda PT Freeport.Pemenerimaan royalti dari PT Tambang emas terebesar di dunia tersebut  yang sangat minim hanya 1 persen dari tahun 1967 dan baru pada tahun 2014 ada pembaharuan menjadi 3,75 persen mengakibatkan kerugian negara triliunan rupiah , menurut Rizal,angka 3,75 prsen tersebut masih belum maksimal, seharunya Indonesia bisa mendapatkan sekitar 7   persen,”Rizal ramli menuding hal terjadi karena pejabat-pejabat Indonesia gampang disuap.

Release KPK tahun 2013 menyebutkan, PT. Freeport Indonesia yang sejak 1967 hingga saat ini menikmati tarif royalti emas sebesar 1 persen dari harga jual per kilogram (kg). Padahal, di dalam peraturan pemerintah yang berlaku, tarif royalti emas sudah meningkat menjadi 3,75 persen dari harga jual emas per kg.

“Berlarut-larutnya penyesuaian kontrak oleh PT. Freeport Indonesia, terjadi kerugian keuangan negara sebesar 169 juta dolar AS setiap tahun dari yang semestinya menerima 330 juta dolar AS. Kenyataannya, negara hanya menerima 161 juta dolar AS,” katanya.

Rizal menambahkan,Selain dari pendapatan yang minim dari royalti“Freeport juga  seenaknya membuang limbah dan galian yang diaduk pakai mercury dibuang begitu saja ke sungai, ikan-ikan pada mati, penduduk menderita,” kata Rizal di hadapan para wisudawan/wisudawati Universitas Jayabaya di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta, Kamis (8/10)

Editor:Agus Nainggolan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here