Bangun Bandara,”Menko Rizal Ramli Ingin Jadikan Kawasan Danau Toba Jadi Monako Asia”

0
12

Beritaplatmerah.com-jakarta-Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk membangun bandara baru di sekitar wilayah danau Toba ,Rizal mengatakan bahwa kawasan wisata Danau Toba sebagai danau terbesar di asia Tenggara tersebut bisa menjadi Monaco Asia.. “Saya minta Kemenhub bisa membangun bandara di dekat Danau Toba, enggak usah besar-besar, dengan begitu  turis bisa datang dari Tiongkok langsung atau dari Kuala Lumpur, Malaysia,” ujar Rizal Ramli usai rapat koordinasi di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Selasa (18/8/2015).

Menko Rizal menambahkan , bahwa Kementerian yang dibawah Koordinasinya akan  fokus membenahi sektor pariwisata karena mampu menyerap banyak tenaga kerja dan memiliki dampak langsung bagi perkembangan perekonomian suatu daerah.  Bahkan, Rizal akan memilih lima sampai 7 destinasi  wisata terkenal di Indonesia sebagai acuan pengembangan pariwisata nasional. Meski begitu, dia enggan menyebut mana-mana saja daerah yang akan dijadikan destinasi tersebut.

 Sebelumnya Rizal ramli sering menyebut Danau Toba menjadi salah satu daerah wisata yang akan dia kembangkan bersama empat kementerian di bawah koordinasinya,dengan sedikit bercanda,kalau disebutkan nama daerahnya saat ini pasti akan banyak daerah yang cemburu.

Terkait permintaan Rizal Ramli membangun bandara di sekitar Danau Toba,Pelaksana Tugas (Plt)  Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugiharjo mengaku bahwa Kemenhub berkomitmen mendukung sektor pariwisata dengan perbaikan infrastruktur  akan tetapi,permintaan menko kemearitiman untuk membangun bandara disekitar danau Toba ,Kemenhub belm bisa memastikan hal tersebut bisa terlaksana,sebab pembangunan suatu bandara harus terlebih dulu melalui uji teknis lokasi                                             “Jadi perhubungan kan sebagai penunjang, Kementerian Pariwisata minta apa aja, kita minta akhir bulan daerah-daerah mana yang akan dikembangkan oleh pariwisata. Kalau sesuai dengan peogram perhubungan kan tidak ada perubahan. Tapi kalau berubah, kita akan menyesuaikan dengan program pariwisata,” kata Sugiharjo.

Tegas Sugiharjo, untuk meningkat program di sektor pariwisata,  anggaran kemenhub harus ada  tambahan setidaknya 2 dua kali lipat dari yang ada sekarang .Kita butung anggaran tambahan 3 triliun untuk tahun depan karena tahun ini anggaran untuk paiwisata hanya 2 triliun, kita harapkan dengan anggaran 5 triliun sektor pariwisata bisa meningkat pesat,”Tuturnya. epan diharapkan mencapai Rp 5 triliun.

Editor:Agus Nainggolan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here