meteor

Mengejutkan !!! Meteor Raksasa Jatuh di Argentina?

BERITAPLATMERAH, BUENOS AIRES – Meteor sebesar 30 ton baru saja mendarat di Argentina akhir pekan lalu. Para ahli menyatakan bahwa meteor bernama ‘Gancedo’ ini adalah salah satu meteor terbesar yang pernah jatuh ke Bumi.

Mendaratnya meteor di daerah perbatasan Chaco itu disebut berhubungan dengan hujan meteor yang terjadi pada 4.000 tahun yang lalu di wilayah yang sama. Kemungkinan, Gancedo adalah meteor terbesar kedua di Bumi.

“Kami bisa membandingkan beratnya dengan meteor besar lainnya yang ditemukan di provinsi ini. Meski kami perkirakan dia akan lebih berat, mungkin tidak akan melebihi 30 ton,” kata Vesconi.

Seabad yang lalu, Hoba yang ditemukan di Namibia disebut sebagai meteor terbesar di Bumi. Hoba tidak pernah dipindahkan karena ukurannya yang sangat besar. Meteor ini kemungkinan jatuh 80 ribu tahun lalu. Usianya kemungkinan antara 190-410 juta tahun lalu.

Meteor besar lainnya adalah El Chaco. Beratnya 37 ton dan juga ditemukan di Argentina. Para ahli saat ini sedang meneliti Gancedo, yang disebut merupakan meteor terbesar kedua.

(kem)

Sumber : Okezone.com