Madura Ingin Bentuk Provinsi, Ini Kata Ketua MPR

0
50

Beritaplatmerah.com, Bandung : Madura berencana membentuk provinsi sendiri. Untuk mewujudkan upaya tersebut, dibentuk Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M).

Menanggapi hal ini, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya setuju, tapi dengan syarat pembentukan provinsi itu disetujui rakyat Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur, dan DPRD Provinsi.

“Terserah rakyat Jawa Timur sendiri. DPRD Provinsi harus setuju dan Gubernur setuju. Baru kita dukung,” ujar Zulkifli saat ditemui di Nusantara 3, Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Zulkifli berpegang pada prinsip, yang paling harus didengar adalah apa yang diinginkan oleh rakyat. Setelah Gubernur dan DPRD Provinsi menampung aspirasi rakyat dan setuju dengan apa yang diingankan rakyat, baru disampaikan kepada pimpinan pusat.

Kemudian, pimpinan pusat akan mengambil sikap apakah menyetujui atau tidak. Biasanya kalau rakyat setuju, DPRD Provinsi setuju, dan Gubernur Jawa Timur setuju, maka pimpinan pusat otomatis setuju.

“Karena kalau dari pimpinan pusatnya ternyata tidak setuju, sedangkan dari bawahnya sudah setuju, biasanya akan timbul dinamika,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here