“Edward Zega Diduga Belum Tamat Sekolah”, Tapi Mejabat PNS Dan Bupati Nias Utara

0
70

 

Beritaplatmerah.com, Nias, Sumatera Utara, – Sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Nias Utara mengklaim bahwa Edward Zega selama mejabat Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan terakhir sebagai Bupati Nias Utara, belum pernah tamat SD, SMP dan SMA.

Hal ini terlihat pada Ijazah, Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SMP) 5 Medan dan Surat Keterangan Pengganti STTB Yang Hilang (SMA) Swasta Hang Tuah Belawan di Medan. Dimana, setelah diteliti dan sudah menjadi Putusan MK Nomor 23/PHPU.D-IX/2011 bahwa, Nomor Induk Siswa 347 yang tertulis dalam Surat Keterangan Pengganti STTB yang hilang, nomor 107/E.8SMA-HT/X/2010 atas nama Edward Zega berbeda dengan apa yang tertulis dalam buku Register siswa di SMA Swasta Hang tuah Belawan yaitu tertulis atas nama Badru Zaman bukan atas nama Edward Zega.

Artinya sudah terjadi pembodohan selama ini kepada rakyat Indonesia pada umumnya dan kepada masyarakat Nias Utara khususnya, yakni ruang dan waktu telah dimanfaatkan oleh Edward Zega dan kroninya yang bukan hak dan tempatnya justru mengelabui masyarakat Nias Utara yang seharusnya layak menjadi PNS dan Bupati Nias Utara yang sesungguhnya.

Lolos Menjadi Bupati Nias Utara Periode 2011-2016
Bung Fakha Tel sebagai Ketua Lembaga Pers dan Informasi Publik Sinar Ya’ahowu (L-SINARY) kepada Platmerah.com mengatakan menurut Putusan MK bahwa lolosnya administrasi Calon Bupati Nias Utara atas nama Edward Zega periode 2011-2016 merupakan peran yang bersangkutan dengan pihak mereka yang sengaja meloloskan dokumen yang tidak valid atau tidak sesuai dengan data yang sebenarnnya tanpa melakukan klarifikasi yang mendalam sebagaimana diamanatkan pada Pasal 39 huruf b Peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 13 tahun 2010 juncto pasal 60 ayat (1) UU nomor 12 tahun 2008.

Lanjutnnya, pihak KPUD Nias Utara saat itu, diduga kuat mengetahui dan sengaja membiarkan data yang tidak valid dipergunakan Edward Zega sebagai Calon Bupati Nias Utara, yang seharusnya dinyatakan batal demi hukum atau gugur sebagai peserta Pemilihan Umum Kepala dan Wakil Kepala Daerah Nias Utara 2011. Maka dari itu, karena akan terlaksananya pesta demokrasi 9 Desember 2015 Bung Fakha bersama rekannya telah memberikan pengaduan atas dugaan ketidakbenaran berkas (Ijazah) Edward Zega untuk digunakan lagi sebagai Bakal Calon Bupati Nias utara Periode 2016-2021. (yh/pm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here