La Ode Atus, Buron Korupsi,Dibekuk di Bandara Kendari

0
44

 

Beritaplatmerah.com-Kendari-Sepekan bersembunyi di Jakarta, La Ode Atus, tersangka kasus korupsi pengadaan alat peraga di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) diciduk polisi setibanya di Kendari. Atus menjadi buronan polisi setelah tiga kali tidak menghadiri panggilan penyidik Polda Sultra.

Kepala Sub Bidang Pusat Informasi Data (Kasub bid PID) Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh membenarkan penangkapan terhadap Atus.

“Iya, benar, tersangka ditangkap di bandara Haluoleo Kendari siang kemarin,” terang Dolfi dikonfirmasi, Rabu (13/8/2014).

Rencananya, kata Dolfi, tersangka akan menuju ke Buton melalui Bombana. Namun aksi menghilangkan jejak yang bersangkutan keburu diketahui polisi.

“Keberadaan tersangka kita ketahui dari beberapa informan, sehingga sebelum dia (Atus) meninggalkan Kendari, lima anggota polisi disiagakan di bandara,” tuturnya.

Saat penangkapan, tersangka hanya pasrah tanpa perlawanan. Tersangka kemudian digiring ke Markas Polda Sultra untuk menjalani penahanan.

Dalam kasus ini, penyidik tipikor Polda Sultra telah menahan seorang kontraktor bernama Asman. Sementara pejabat pembuat komitmen (PPK) Lamahali hingga kini masih bebas.

“Hasil audit BPKP ditemukan kerugian negara sekitar Rp 2,7 miliar dari enam paket pekerjaan. Total dananya sebesar Rp 4 miliar berasal dari dana alokasi khusus, diduga ada unsur korupsi karena item barang tidak sesuai dengan nilai kontrak,” ujarnya.

sumber

 

 

 

 

 


 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here