KPUD Pemalang Adakan Debat Publik Cabup Putaran Kedua

0
29

Beritaplatmerah.com-Pemalang– Komisi pemilihan Umum daerah (KPUD) kabupaten pemalang mengadakan debat publik putaran ke dua. Debat ini dilaksanakan pada minggu (22-11-2015), di ball room hotel Regina Pemalang.

Dihadiri oleh ke tiga pasangan calon bupati-wakilbupati, Mukhammad arifin-Romi Indiarto, Junaedi-martono dan Mukti Agung Wibowo-affifudin, di dukung oleh tim sukses, simpatisan, relawan dan  tamu undangan. Tiap pasangan calon diberi kesempatan membawa tim sukses dan relawannya untuk menghadiri dan masuk kedalam ruangan debat sebanyak 100 orang selebihnya dipersilahkan mengikuti acara diluar gedung dengan diberi fasilitas televisi besar sehingga dapat mengikuti jalannya acara.

Acara ini dipandu dan dimoderatori oleh salah satu akademisi dari Universitas Panca Sakti Tegal,  juga merupakan salah satu anggota Kompolnas Dr. Hamidah Abdurrachman, SH, MH.  Agar dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Pemalang acara ini di siarakan langsung oleh salah satu stasiun radio daerah Swara Widuri.

Debat Publik Putaran kedua ini mengambil tema  “Memajukan Daerah”, tiap pasangan calon diberi kesempatan untuk menayangkan dan memaparkan  visi dan misinya mengenai memajukan daerah. Pada sessi selanjutnya modertor memberi pertanyaan berdasarkan undian pernyataan yang dibagikan.

Kesempatan pertama di berikan pada paslon no 2 yang mendapat pertanyaan  mengenai pertumbuhan ekonomi daerah, dimana paslon no 2 “ Akan melanjutkan kebijakaan yang telah diambil pada periode sebelumnya serta akan meningkatkan apabila terpilih pada periode selanjutnya”. 

Pertanyaan selanjutnya diberikan pada paslon no 1 Arifin-Romi dengan tema pertanyaan, Investasi, bagaimana menangkap peluang adanya relokasi investasi dari kota besar ke kota-kota kecil diantaranya Pemalang, dimana banyak relokasi pabrik yag bersifat padat karya.

Arifin mengungkapkan “Perlu adanya kemudahan dalam perijinan, tersedianya lahan, adanya kepastian hukum dan siapnya tenaga kerja lokal untuk mengisi pekerja di perusahaan tersebut, sehingga diharapkan perusahaan langsung secepatnya beropersi.”, pernyataan terakhir pada paslon no 3 Mukti Agung-Affifudin,  dengan pertanyaan bagaimana membangun infrastruktur yang berorientasi pada kelestarian lingkungan sehingga tetap tercipta kondisi yang sejuk dan asri. Agung memaparkan “Perlu adanya jalur  hijau, distribusi air yang merata, distribusi listrik ke semua daerah yang ada di pemalang serta peningkatan hutan lindung dan hutan wisata di Pemalang”

Pada sessi terakhir moderator memberi kesempatan pada ketiga pasangan calon untuk mengnyampaikan closing statemen mengenai Politik Anggaran. Pasangan Arifin-romi, menyatakan  “‘Perlu adanya transparansi anggaran, serta mengoptimalkan anggaran belanja tetap maupun tidak tetap, serta akan menolak fee dari setiap proyek yang ada.” Paslon Junaedi-Martono, mengemukakan “ Bahwa anggaran yang ada sesuai dengan RPJMD dimana perbandingan 60:40 antara belanja tetap dengan belanja tidak tetap. Dengan anggaran yang tersedia akan meningkatkan infrastruktur serta ruang terbuka hijau.” Paslon Agung-Affiifudin, dengan tegas menyatakan  “Perlu adanya perubahan yang nyata di kabupaten Pemalang, dimana rasa aman, nyaman dan sejahtera dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat Pemalang, oleh karena itu akan membangun infrastruktur yang merata”

Secara keseluruhan acara ini berlangsung sangat kondusif dan terkendali seperti yang diungkapkan oleh Kapolres Pemalang AKBP (Pol) Kinkin Winisuda dan Dandim 0711 Pemalang LetKol (inf) Abdul Hamid.

(Sarwo Edy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here